10 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Menentukan Lokasi Bisnis

 Tips

Pendapatan dari suatu usaha akan meningkat ketika kita mampu memilih lokasi bisnis yang tepat untuk usaha kita. Karena lokasi memang menentukan titik perkembangan suatu usaha atau bisnis. Ketika bisnis Anda berada pada lokasi yang tidak mendukung sama sekali bisnis yang Anda miliki, maka secara otomatis, Anda akan tergeser dengan bisnis yang didukung oleh lingkungan tersebut. Apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda mulai merencanakan untuk menentukan lokasi bisnis? Berikut ini adalah 10 hal yang harus Anda ketahui:

1. Kepadatan penduduk

Ketika Anda memilih lokasi bisnis, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah kepadatan penduduk di lokasi bisnis Anda. Ketika lokasi bisnis Anda memiliki kepadatan penduduk yang cukup besar, itu bisa menjadi keuntungan dan kerugian bagi bisnis Anda. Lokasi dengan kepadatan penduduk yang besar, akan memberikan potensi penghasilan yang besar untuk bisnis Anda. Namun kepadatan penduduk yang besar juga mampu menjadi hambatan besar untuk bisnis Anda berkembang.

2. Aman

Lokasi bisnis Anda haruslah aman. Bagaimanapun sebuah lokasi kerja yang aman akan memberikan kenyamanan dalam beraktivitas. Bayangkan saja ketika usaha atau bisnis Anda berada pada lokasi yang sedang dan sering terjadi konflik. Itu akan mengganggu segala aktifitas bisnis Anda. Jika lokasi bisnis Anda berada pada komplek pertokoan atau ruko, Anda bisa meminta bantuan security atau pihak keamanan setempat untuk membantu menjaga keamanan di lokasi tersebut.

3. Akses lalu lintas

Kemacetan yang sudah mendarah daging di Indonesia saat ini bukan hanya terjadi di Ibu kota Indonesia, yaitu Jakarta. Namun, saat ini hampir semua kota sudah memiliki daerah atau lokasi titik rawan kemacetan. Dan ini akan berdampak pada bisnis Anda, apabila bisnis Anda berlokasi di tempat yang rawan kemacetan. Karena itu akan membuat akses ke lokasi kerja atau bisnis Anda akan menjadi terhambat.

4. Penghasilan

Jika riset mengenai kepadatan penduduk tidak linier dengan daya beli masyarakatnya, maka berarti lokasi itu tidak tepat untuk dijadikan lokasi bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan berapa pendapatan penduduk di trade area tersebut.

5. Jumlah usaha

Mendirikan lebih dari satu usaha merupakan suatu prestasi tersendiri untuk para enterpreneur. Namun, apakah beberapa bisnis tersebut akan Anda kumpulkan menjadi satu, dalam satu lokasi yang sama? Itu akan membutuhkan pertimbangan yang lebih, karena tentu saja Anda akan membutuhkan tempat yang lebih luas. Sedangkan saat ini saja, wilayah yang bisa dibilang menjadi lokasi para pebisnis, sudah sangat sedikit lahan yang bisa digunakan. Maka Anda bisa berfikir kembali mengenai penempatan beberapa usaha Anda menjadi satu dalam satu wilayah atau lokasi.

6. Akses karyawan

Ketika Anda memilih lokasi untuk bisnis Anda, jangan lupakan tentang karyawan Anda. Pilihkan lokasi yang bukan hanya mudah dijangkau oleh pelanggan Anda, namun juga mudah untuk diakses oleh karyawan Anda. Anda bisa memilih lokasi bisnis yang dekat dengan daerah kos, yang nantinya bisa digunakan oleh karyawan Anda.

7. Kompetisi

Sebuah bisnis tentu akan terjalin sebuah kompetisi antara bisnis yang satu dengan bisnis yang lainnya. Dan tidak jarang juga bisnis yang Anda miliki berkompetisi dengan bisnis yang berada di dekat Anda. Anda harus mempertimbangkan tingkat kompetisi usaha yang akan Anda hadapi. Jika lokasi bisnis yang Anda ingin memiliki banyak usaha yang hampir sejenis dengan usaha Anda, itu artinya Anda bisa mulai mencari tempat lain yang berbeda.

8. Penampilan

Penampilan disini meliputi lingkungan yang bersih dan rapi. Lokasi bisnis atau lokasi kerja yang ideal akan memiliki lingkungan yang bersih, rapi, dan bisa juga sejuk. Bayangkan saja usaha atau bisnis Anda berada pada wilayah yang kotor, kumuh dan tidak rapi, itu akan mempengaruhi tingkat penjualan Anda, dan mempengaruhi kinerja karyawan Anda.

9. Zona

Jika lokasi bisnis yang Anda pilih bukanlah zona perdagangan itu artinya lingkungan tersebut tidak cocok dengan bisnis Anda. Anda harus memilih lokasi bisnis yang tingkat perputaran uangnya bisa dikatakan sangatlah besar. Atau jika memang Anda ingin sedikit mencoba kemampuan Anda dalam mendirikan bisnis, Anda bisa mendirikan bisnis di daerah yang sebenarnya jarang menjadi lokasi bisnis, namun tetap memiliki tingkat pendapatan penduduk yang tinggi.

10. Strategis

Lokasi bisnis yang diidam idamkan oleh semua enterpreneur adalah lokasi yang strategis. Aman, mudah dijangkau, dekat dengan keramaian, dan memberikan peningkatan pendapatan kepada bisnis kita. Anda bisa memilih lokasi bisnis disekitar daerah perkuliahan, karena biasanya lulusan baru akan langsung mencari pekerjaan, dan ketika Anda sedang membutuhkan tenaga kerja baru, maka dengan mudah Anda mendapatkannya.

Sumber : www.mediabisnisonline.com

Konsultan Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply