2 Langkah Cerdas untuk Kerja Lebih Produktif

 Tips

Menjadi seorang karyawan atau pengusaha, kita dituntut untuk selalu memiliki stamina dan kinerja terbaik. Semua itu harus dimiliki agar setiap pekerjaan yang dikerjakan bisa dikerjakan dengan lebih cerdas dan produktif. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memiliki keduanya, seperti halnya berikut ini yaitu 2 langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk menghasilkan pekerjaan yang lebih cerdas dan produktif :

1. Prioritas

Dalam sebuah pekerjaan, memang harus ada yang diprioritaskan. Entah itu dari sisi waktu, jenis pekerjaan ataupun kebutuhan. Untuk membuat sebuah prioritas dalam bekerja, bisa dilakukan cara – cara seperti berikut ini:

a. Menilai segala sesuatu yang akan dilakukan

Sebelum Anda memulai untuk terjun kedalam suatu pekerjaan, Anda perlu memperhitungkan semuanya secara bijaksana. Lihat setiap aspek pekerjaan yang akan Anda kerjakan. Anda harus mampu memilih dan memilah antara mana yang penting, mendesak dan tidak penting. Hal ini dilakukan agar Anda yakin bahwa setiap detail pekerjaan dapat dicapai tepat waktu dan dengan hasil yang memuaskan.

[Baca juga: Cara Membuat Skala Prioritas untuk Mengurangi Jadwal Kerja yang Padat]

b. Menulis outline atau membuat sebuah garis besar

Cara kedua untuk membuat sebuah prioritas adalah dengan membuat sebuah garis besar dari setiap yang akan Anda kerjakan. Anda tidak perlu menuliskannya diselembar kertas, tapi cukup Anda ingat dan Anda kerjakan. Anda juga harus membuat sebuah kerangka kerja untuk pekerjaan Anda. Hal ini dilakukan agar disaat Anda mengalami sebuah kegagalan dalam bekerja, Anda dapat mengetahui dimana letak kesalahan dan tidak mengulangi kesalahan tersebut untuk kedua kalinya.

c. Belajarlah untuk mengatakan tidak

Hindari over load pada pekerjaan Anda. Anda bisa membuat sebuah jadwal dan target untuk pekerjaan yang dapat Anda selesaikan dalam satu hari. Terkadang ketika Anda mulai sibuk dan serius menyelesaikan pekerjaan, ada saja gangguan yang datang dan berusaha untuk mengacaukan konsentrasi Anda terhadap pekerjaan tersebut. Nah, ini saatnya untuk Anda belajar berkata tidak untuk sesuatu yang dirasa tidak penting atau tidak mendesak.

d. Cobalah untuk tidak menjadi multi tasking

Anda bisa saja menjadi seseorang dengan memiliki banyak kemampuan. Atau Anda mungkin bisa mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu sekaligus. Namun itu sebenarnya tidak baik untuk diri Anda dan pekerjaan Anda. Cobalah untuk menghindari menjadi seorang yang multi tasking. Anda bisa mencoba untuk memilih satu pekerjaan dan mengerjakannya dengan maksimal dan dengan usaha terbaik.

2. Merawat Diri

Salah satu cara yang harus dilakukan untuk bisa menghasilkan suatu pekerjaan yang maksimal yaitu dimulai dari diri sendiri. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah ulasannya:

a. Istirahat yang cukup

Istirahat Anda idealnya adalah 7 – 8 Jam sehari. Anda mungkin saja bisa bertahan untuk bekerja sampai tengah malam, atau bahkan tidak tidur seharian. Tapi apakah itu baik untuk fisik Anda? Tentu tidak. Fisik Anda membutuhkan asupan waktu istirahat yang cukup, agar bisa mengembalikan metabolisme tubuhnya dengan sempurna, dan bisa bekerja keesokan harinya dengan fikiran yang penuh dengan konsentrasi dan fisik yang sehat.

b. Istirahat secara periodik

Istirahat bukan hanya Anda lakukan di rumah. Saat Anda di kantor, Anda juga bisa memberikan tubuh Anda waktu untuk beristirahat. Anda perlu memberikan waktu bagi pikiran Anda untuk istirahat. Contohnya ketika Anda bekerja dalam waktu 1 jam, Anda bisa menyisihkan 10 menit untuk sekedar mengistirahatkan fikiran dan fisik Anda.

c. Kenali titik lemah Anda

Setiap orang pasti memiliki titik dimana dia akan sangat lelah dan tidak bergairah untuk melakukan apapun. Sebagai seorang pekerja, Anda harus tahu dan hafal bagaimana titik lelah Anda. Hal ini sangat perlu dilakukan agar Anda mampu mempersiapkan diri untuk beristirahat. Karena saat tubuh yang lelah dipaksakan untuk bekerja, akan ada banyak kesalahan yang terjadi pada pekerjaan Anda.

Demikianlah tips yang dapat saya berikan untuk bisa bekerja dengan lebih cerdas dan produktif. Good Luck ;-)

Sumber : www.mediabisnisonline.com

Advertising Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply