3 kunci jadikan bisnis anda magnet bagi pelanggan

 Info Bisnis

“Jika Anda ingin keuntungan yang lebih besar, Anda harus membangun budaya perusahaan yang didasarkan pada fokus pelayanan pelanggan, menyediakan semua keinginan mereka….,” Henry Ford (founder of Ford Motor Company).

Bisnis tak melulu bicara soal profit atau keuntungan, keuntungan tak mungkin bisa diperoleh tanpa adanya strategi yang baik dalam perusahaan. Perusahaan yang baik adalah yang memiliki budaya perusahaan yang baik, terutama dalam melayani customernya.

Anda mungkin bisa jadi salah satu dari puluhan para pebisnis yang tidak banyak memiliki pelanggan yang banyak, loyal, dan setia. Caranya adalah Anda harus menjadikan bisnis Anda sebagai magnet yang bisa menggaet pelanggan.

Ada 3 kunci utama yang bisa membuka peluang bisnis Anda meraih pelanggan sebanyak-banyaknya, bahkan menjadi pelanggan loyal dengan membangun budaya perusahaan, seperti yang dilansir dalam situs Forbes, yakni:

  • Easy (mudah dan sederhana)

Pelanggan sangat bervariasi, perilaku mereka tak harus sama satu sama lain. Di sinilah tugas Anda sebagai pemilik bisnis untuk memberikan pengetahuan kepada karyawan Anda untuk mampu beradaptasi dalam melayani pelanggan yang berbeda.

Anda harus berpikir bagaimana mereka karyawan Anda dapat memahami cara Anda menjelaskan (budaya perusahaan yang berfokus pada pelanggan) dengan cara-cara yang sederhana, dan bagaimana Anda dapat mengetahui karyawan Anda dapat mengimplementasikannya.

  • Rewarding (manfaat)

Perilaku ini akan sangat menyentuh aspek emosional. Tunjukkan sikap terbaik Anda kepada pelanggan. Dengan kata lain Anda harus menunjukkan kepada karyawan Anda bagaimana Anda berperilaku kepada pelanggan, yang dapat memberikan keuntungan bagi mereka.

Memberikan pelayanan yang bemanfaat bagi pelanggan meski dengan cara interaksi yang positif sekalipun akan memberikan dampak yang sangat menguntungkan.

  • Normal

Tak ada satupun yang ingin berperilaku di luar batas normal. Berperilakulah sebagai atasan dengan cara-cara yang normal. Atau Anda harus mampu memberikan contoh terbaik dari karyawan-karyawan Anda yang memiliki role model terbaik dalam berinteraksi kepada pelanggan kepada karyawan yang belum memiliki pengalaman.

Sebagai bisnis yang berfokus pada pelayanan pelanggan Anda harus memberikan contoh terbaik kepada karyawan Anda dalam berinteraksi kepada customer.

Jika Anda benar-benar ingin membangun sebuah bisnis besar di mana kepuasan pelanggan adalah mutlak, Anda harus melakukan kerja keras tapi tetap kritis dengan cara yang mudah dan sederhana (easy), bermanfaat (rewarding) dan normal untuk setiap karyawan untuk berperilaku seperti itu setiap hari.

Sumber : http://www.smartbisnis.co.id/

Advertising Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply