5 Alasan Mengapa Anda Hanya Akan Jadi Seorang Pemimpi dalam Bisnis

 Tips

Menjadi seorang pengusaha atau enterpreneur memang bukan hal yang mudah. Ada banyak yang harus dilakukan. Dari mulai bermimpi, merencanakan, menyiapkan dana, struktur bisnis dan lain sebagainya. Namun semua itu hanya akan menjadi sebuah wacana dan Anda bisa saja hanya jadi seorang pemimpi dalam sebuah bisnis. Mengapa bisa demikian? Coba simak 5 alasan mengapa Anda hanya akan menjadi seorang pemimpi dalam bisnis berikut ini:

1. Khawatir dengan ide – ide baru

Memulai sebuah bisnis atau usaha tentu saja akan ada banyak ide – ide bermunculan. Baik dari diri sendiri atau dari orang sekitar. Tapi apa Anda hanya akan memiliki ide, tanpa diungkapkan? Atau Anda hanya mengungkapkan tanpa akan menciptakannya menjadi nyata? Ini pilihan. Yang jelas, bermimpi dan memiliki banyak ide itu wajar. Anda tidak perlu khawatir apakah nantinya ide itu akan sukses direalisasikan atau malah membuat Anda gagal hingga bangkrut? Tidak perlu berfikir terlalu lama. Lakukan saja apa yang ingin Anda lakukan.

2. Khawatir tentang modal

Modal menjadi aspek paling penting dalam mendirikan sebuah bisnis. Namun Anda hanya akan menjadi seorang pemimpi ulung untuk bisnis Anda, ketika Anda terlalu khawatir dengan modal yang Anda butuhkan. Mendapatkan modal untuk bisnis saat ini sudah sangat mudah. Jika memang Anda tidak memiliki cukup banyak uang untuk modal usaha, Anda bisa meminjam di koperasi atau bank. Dan itu artinya bisnis Anda masih bisa berjalan bukan? Ini jauh lebih baik daripada Anda hanya memikirkan masalah tanpa bergerak mencari solusinya.

3. Menunda lebih lama

Banyak enterpreneur sukses memberikan saran untuk enterpreneur yang masih baru memulai karirnya, salah satunya yaitu “Jangan hanya bermimpi, tapi beraksilah”. Sederhana namun sangat menginspirasi. Jangan terlalu lama menunda keinginan untuk menjadi seorang pengusaha. Karena biasanya jika menunda niat atau rencana terlalu lama, malah akan menjadi malas atau bahkan lupa.

4. Takut gagal

Kegagalan adalah bumbu dan kunci dari kesuksesan. Tidak ada enterpreneur atau pengusaha yang sukses tanpa mengalami kegagalan. Dahlan Iskan, mantan direktur utama PLN pernah berkata “Bangkrut itu penting dalam bisnis. Pengusaha sukses biasanya pernah mengalami kebangkrutan dalam bisnis”. Biasanya orang yang takut dengan kegagalan, akan berfikir mengenai niat dan ide bisnisnya lebih lama dan bahkan tidak akan diwujudkan.

5. Tujuan tak bernyawa

Jika tujuan Anda mendirikan sebuah bisnis adalah uang, bisa jadi itu tidak akan bertahan lama. Karena banyak enterpreneur mengatakan jika uang bukanlah segalanya yang harus dicari dan dihasilkan dari sebuah bisnis. Enterpreneur sukses banyak yang mencoba untuk saling berbagi terhadap sesama, ini dilakukan untuk tujuan jangka panjang mereka. Seperti yang dikatakan oleh Dony Prasetyo, owner dari Plzclothing yang mengatakan jika bisnis itu bukan semata – mata untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain yaitu dengan cara berbagi.

Sumber : www.mediabisnisonline.com

Konsultan Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply