7 cara sukses jalankan bisnis online

 Bisnis Online

Kata orang berbisnis itu susah, belum lagi sedikitnya lahan bisnis yang bisa digarap. Itu kata orang, ternyata bisnis itu terbuka lebar bagi siapa saja yang mau mengembangkan dirinya. Bisnis online pun semakin menjanjikan jika mau kreatif.

Ada banyak segmen berbisnis online, mulai dari bisnis jual beli dengan memanfaatan forum online, blog, website, sosial media, dan banyak lagi. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk bisnis Anda asal saja ada kemauan.

Berikut adalah tips untuk Anda yang menekuni bisnis online yang semakin manis:

  • Tentukan tujuan

Apapun bisnisnya tanpa ada tujuan akan berhenti ditengah jalan. Bisnis online hanya akan membuang waktu jika sedari awal Anda tidak menentukan apa yang akan Anda kerjakan.

  • Lakukan analisa

Sebelum memulai, lakukanlah analisa secara baik tentang bisnis yang akan menjadi fokus Anda. Cari dengan keyword yang sama dan secara acak apakah bisnis Anda sudah banyak digarap orang, lalu cari perbedaan dari model bisnis Anda.

  • Lakukan secara bertahap

Menjanjikan, tapi butuh kesabaran. Bisnis online bukan bisnis semalam suntuk lalu di pagi hari Anda mendapatkan hasilnya. Lakukan secara bertahap dan kontinyu. Mulai dari membangun kepercayaan pengunjung situs Anda, sampai melayani semua customer dengan segala sifat dan karakternya.

  • Fokus dan tetap pada tujuan

Jangan pernah menganggap bisnis sampingan, karena bisnis sampingan tidak akan menghasilkan apa-apa jika dilakukan dengan setengah hati. Fokuskan diri dan waktu Anda untuk bisnis Anda dan tetap pada tujuan semula Anda memulai bisnis.

  • Buka diri dan perluas pangsa pasar

Jika Anda termasuk orang yang pendiam dan kurang luwes untuk bergaul, maka sebaiknya Anda segera merubah karakter Anda tersebut dengan menjadi orang yang super supel dalam bergaul dan pandai mengambil hati customer.

  • Berdayakan sosial media untuk marketing

Berbisnis online tidak melulu dengan uang, Anda memiliki banyak kesempatan untuk memasarkan produk Anda secara gratis, misalnya saja dengan memanfaatkan media sosial sebagai marketing produk Anda, facebook, twitter, blog, forum-forum online. Semua tersedia jika Anda jeli memanfaatkannya.

  • Hindari sikap jenuh

Tidak dipungkiri bahwa bisnis online menemukan titik jemu. Apalagi bisnis diam di tempat Anda akan menemukan waktu dimana Anda jenuh dan bosan untuk melanjutkan bisnis Anda. Padahal Anda hanya tinggal mengembangkannya. Maka jangan pernah bosan untuk tetap konsisten pada bisnis Anda.

Sumber : http://www.smartbisnis.co.id/

Advertising Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply