8 Cara Meningkatkan Komunikasi dengan Pelanggan Melalui Website Anda

 Tips

Website memang diciptakan untuk menjadi sarana informasi kepada masyarakat. Namun disisi lain website juga mampu menjadi penghubung antara satu orang dengan orang yang lain. Seperti halnya website toko online, akan ada saatnya pelanggan ingin berbincang atau bertanya mengenai suatu produk di website tersebut dengan pemilik toko online tersebut. Nah, berkomunikasi lewat website memang sangat berbeda dengan ketika berkomunikasi melalui telepon atau email. Untuk dapat meningkatkan komunikasi dengan pelanggan melalui website, berikut ini kami bagikan beberapa cara atau tips yang mungkin bisa diterapkan pada website Anda:

1. Manfaatkan fitur “Contact Us”

Dalam sebuah website, salah satu fitr yang membangun dan penting adalah “Contact Us”. Ada kalanya pengunjung website Anda malas untuk mendapatkan informasi yang Anda sediakan di dalam website. Sehingga mereka akan lebih cenderung mencari informasi langsung kepada Anda melalui informasi singkat di fitur contact us.

2. Letakkan informasi kontak person Anda di sudut yang jelas

Di dalam halaman contact us, bisa Anda cantumkan alamat bisnis atau toko Anda, nomor telepon, nomor handphone, alamat email, dan bisa juga mencamtumkan link sosial media yang Anda miliki. Letakkan info ini pada sudut halaman yang mudah dan jelas dilihat. Ada kalanya pemilik website meletakkan info ini di sebelah kiri halaman, dan di sebelah kanan akan diberi gambar dari lokasi bisnis mereka.

3. Usahakan untuk tidak menggunakan form contact us

Beberapa website biasanya akan menggunakan form contact us untuk mengisi halaman tersebut. Sebenarnya tidak salah ketika kita menggunakan ini, karena dengan ini kita akan mendapatkan data dari pengunjung website kita. Terkadang pengunjung akan merasa ragu untuk memberikan data personal mereka, kecuali memang hanya sekedar nama dan alamat email. Dan ketika mereka diminta untuk menyertakan alamat dan nomor telepon, itu belum tentu akan berikan berikan. Maka dari itu usahakan hanya mencantumkan beberapa point saja yang diperlukan untuk mendapatkan informasi dari mereka.

4. Jika memang dibutuhkan, cukup satu kolom saja

Satu kolom untuk meminta informasi bukanlah hal yang buruk. Karena rata – rata pengunjung akan malas ketika diminta mengisi form yang sangat banyak, namun intinya hanya meminta informasi singkat. Nah, berikanlah mereka kolom yang mereka butuhkan dan kita butuhkan saja. Misalnya kolom email saja untuk mendapatkan informasi dari Anda.

5. Gunakan layanan chating

Saat ini sudah sangat banyak layanan chating yang bisa Anda gunakan, seperti Zopim, Kayako Fusion, WGChat, dan lain sebagainya. Dengan layanan live chat tersebut, pelanggan Anda akan dengan mudah berkomunikasi dengan Anda.

6. Berikan tombol navigasi yang jelas

Saat membuat sebuah form contact us jangan lupakan untuk membuat tombol navigasi untuk submit form tersebut. Berilah warna yang menarik dan jelas untuk button tersebut.

7. Lebih friendly

Halaman contact us di website Anda bukan hanya sekedar halaman yang berisi informasi penting, Anda bisa saja menambahkan beberapa gambar yang menarik dan lucu untuk bisa menciptakan kesan friendly kepada pengunjung website Anda. Biarkan mereka berfikir, Anda akan memberikan pelayanan yang terbaik dan bersahabat untuk pengunjung website Anda.

8. Buatlah janji

Dalam halaman contact us, Anda juga bisa memberikan beberapa kata pemanis. Sampaikan kepada pengunjung website Anda, jika Anda akan memberikan mereka pelayanan terbaik dan data yang mereka berikan akan terjaga dengan aman. Dengan begitu, Anda harus benar – benar berkomitmen dalam menjaga dan menepati janji tersebut.

Sumber : www.mediabisnisonline.com

Konsultan Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply