Agar Bisnis Sukses Di Dunia Online

 Bisnis Online

SUKSES BISNIS ONLINE — Tahun ini dan tahun-tahun mendatang dunia bisnis online akan semakin membanjiri seluruh lingkup kehidupakan kita. Menurut beberapa penelitian , di Indonesia pergeseran cara orang berbelanja melalui media online(e-commerce) mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Tahun 2013 sendiri diprediksikan pembelian perangkat mobile seperti tablet PC juga akan meningkat significat. Ditambah lagi dengan banyaknya operator provider akses internet yang semakin murah membuat dunia bisnis online akan semakin marak. Kondisi ini menjadi tuntutan bagi pelaku bisnis usaha kecil untuk masuk ke bisnis online bersinergi dengan bisnis konvensional yang telah dijalankan.

Tentu sudah banyak yang menyadari bahwa bisnis online memberikan peluang besar untuk sukses dalam bisnis. Namun demikian banyak pula yang baru masuk ke media online , namun harus kembali ke model bisnis lama karena dirasakan tidak meningkatkan laba bisnis. Bukannya media online yang tidak cocok untuk berbisnis, tetapi bisa jadi strategi dan formula bisnis yang belum pas.

Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk Bisnis Usaha Kecil agar sukses bisnis online dan masuk ke dunia media sosial :
1. Ambil satu atau dua bulan untuk mendengarkan.
Sekedar mendengarkan itu adalah hal yang penting. Memantau apa yang sedang dilakukan dalam industri Anda dalam ruang sosial. Lihat apa yang dilakukan pesaing Anda. Anda mungkin hanya menemukan bahwa ada sedikit usaha yang benar-benar menarik pelanggan dan orang lain secara efektif di media sosial terutama di tingkat SMB.

2. Tentukan di mana kekuatan Anda.
Dapatkah Anda menulis cukup baik? Apakah Anda terhubung dengan orang lain di bidang online atau Anda lebih baik tatap muka? Apakah Anda berpendirian cukup untuk mengomentari situs lain dan blog dan lain-lain menunjukkan apa yang Anda ketahui atau percaya? Tentukan di mana Anda baik.

3. Konsentrasikan pada kekuatan Anda dan Outsourching pada bidang kelemahan Anda
Setiap orang memiliki kelemahan dan kekuatan masing-masing. Jangan memaksakan diri untuk menangani masalah yang bukan keahlian anda, lebih baik handle orang lain untuk menanganinya dan anda lebih bisa berkonsentrasi pada bidang anda. Misalnya jika Anda sangat sosial dan Anda bekerja dengan baik dalam lingkungan Twitter, kemudian berkonsentrasi di sana. Jika Anda juga mengakui bahwa Anda tidak bisa menulis maka pikirkan bagaimana Anda bisa mendapatkan beberapa konten yang dihasilkan melalui tempat-tempat lainnya.

4. Bersabarlah.
Roma tidak dibangun dalam sehari dan demikian pula dengan bisnis online . Dibutuhkan waktu dan kesabaran . Di media sosial, lebih daripada di tempat lain , banyak orang menyerah hanya ketika mereka baru saja memulai. Tekunilah apa yang telah anda tetapkan dalam bisnis online.

5. Banyak Berdiskusi dengan Orang Yang Ahli
Setiap orang tidak mengetahui semua hal dalam satu waktu. Perbanyak berdiskusi dan bertanya pada orang yang ahli mengenai berbagai aspek dalam bisnis online. Lebih baik jika anda bekerja sebagai sebuah tip, yang satu dengan lainnya saling mendukung.

Dalam berbisnis melalui media online , ada banyak peluang yang bisa diraih namun juga banyak tantangan yang harus dengan sabar dihadapi. Banyak belajar, mengamati dan bereksperimen menjadi kunci sukses dalam bisnis online. Jika anda tidak ahli di dalam satu hal, jangan memaksakan, ambil tenaga ahli/outsourching yang akan menjadikan bisnis anda lebih sukses dan anda tidak kehilangan resource pada hal yang tidak anda kuasai.

Advertising Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply