Budidaya Belut Super, Si Licin Ukuran Jumbo

 Agrobisnis

BUDIDAYA BELUT — Belut dikenal sebagai komoditas yang memiliki rasa yang enak dan gurih, selain itu dipercaya bisa menambah vitalitas. Umumnya belut yang diperdagangkan berasal dari hasil tangkapan di sawah, rawa-rawa atau dari tempat lain. Sebagian lagi belut merupakan hasil budidaya petani. Budidaya belut memang tidak sepopuper budidaya lele atau ikan lainnya, namun potensi bisnis ini cukup terbuka lebar. Salah satu jenis belut yang memiliki prospek dibudidayakan adalah Jenis Belut Super.

Pada dasarnya belut super memiliki karakteristik yang sama dengan belut pada umumnya, hanya saja belut super memiliki ukuran badan yang lebih besar. Ukuran belut super bisa mencapai panjang 50 cm dan lingkar badan 6.5 cm. Karena ukuran yang besar bobot belut superpun bisa mencapai 1kg untuk 3 ekor belut.

Berbeda dengan belut biasa, belut super relatif sulit didapatkan dari tangkapan alam, sehingga pemenuhan pasar belut super diperoleh dari hasil budidaya. Karena itu peluang bisnis untuk budidaya belut super ini cukup cerah.

Potensi pasar dari belut super ini banyak datang dari pengelola restoran dan usaha makanan ringan. Untuk makanan ringan yang paling sering dijumpai adalah keripik belut. Ada juga yang membuat keripik belut super ini sudah dihilangkan tulang pungungnya sehingga lebih lezat.

Herman Susilo , asala Malang, Jawa Timur telah menekuni usaha budidaya belut super ini. Belut Super yang berada di lima kolam lumpur berukuran 2×5 meter ini menjadi pencetak uang saat panen pada tiga sampai empat bulan sekali.
Setiap kali panen Herman bisa memperoleh 250 kg belut super dari setiap kolamnya. Pendapatannyapun cukup lumayan karena setiap kilogram belut super laku dijual 30 ribu sampai 35 ribu rupiah.

Perawatan belut super Hermanpun terbilang tidak sulit, asal diberi makan dengan rutin dan cukup belut akan tumbuh dengan baik. Untuk makanannya menurutnya lebih baik makanan alami seperti cacing ,keong dan kodok. Pemberian makanan pelet buatan pabrik ternyata kurang memberikan hasil yang maksimal.(/Tribunnews).

Photo: http://belutkadut.wordpress.com

- See more at: http://galeriukm.com/agrobisnis/budidaya-belut-super-si-licin-ukuran-jumbo#sthash.Wur6Wpet.dpuf

Konsultan Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply