Kiat Sukses Bisnis Fashion

 Promosi

BISNIS FASHION — Seperti halnya bisnis kuliner, bisnis fashion merupakan ladang usaha yang tidak ada matinya. Fashion selalu dibutuhkan oleh manusia, bukan sekedar untuk menutup tubuh tetapi juga untuk gaya dan mode. Bagi kaum hawa berbusana modis dan menarik sudah menjadi kebutuhan yang tidak pernah ada hentinya. Karena itu bisnis pada bidang fashion ini menjadi peluang bisnis yang terus menerus terbuka lebar.

Pasar bisnis fashion yang cukup besar dan menjanjikan ini membuat banyak pelaku usaha ramai-ramai menjajal peruntungan pada sektor ini. Persaingan usaha bisnis fashion menjadi cukup ketat. Beberapa merek terkenal bahkan bersaing menjual fashion dengan model dan bentuk yang hampir mirip.

Bagi pengusaha kecil yang baru memulai bisnis fashion ini tentu harus berjuang keras untuk bersaing dengan brand-brand terkenal. Namun jangan khawatir meski anda adalah pelaku bisnis fashion pemula, anda bisa memenangkan persaingan itu. Karena bisnis fashion merupakan sesuatu yang unik. Pembeli fashion biasanya akan berfokus pada apa yang mereka lihat, bukan mereknya. Jika yang mereka lihat menarik dan cocok dengan penampilannya maka akan dibelinya, tidak peduli merek.

Sebaliknya meski merek sebuah produk fashion cukup terkenal, namun kurang sesuai dengan yang ada dalam benak pembeli maka tidak akan dipilih. Jadi pintar-pintar saja menerapkan strategi untuk menarik pembeli.

Selain memberikan desain dan model yang menarik bagi pembeli, ada beberapa strategi yang bisa diterapkan dalam bisnis fashion:

  •  Menggunakan Media Online sebagai media promosi

Hampir semua bidang telah tersentuh oleh media online termasuk bisnis fashion.Media online cukup efektif dan murah untuk media promosi bisnis fashion. Media online yang dipergunakan misalnya web, Facebook, twitter dan lain sebagainya.

Jika anda menggunakan toko online untuk memasarkan bisnis fashion anda, yang penting diperhatikan adalah kesesuaian antara barang yang dipajang di web dengan barang yang dikirim.

  • Kualitas produk Fashion dan pelayanan

Pemasaran secara word of mouth merupakan pemasaran yang paling efektif, pembeli yang puas akan merekomendasikan kepada orang lain untuk membeli. Sebaliknya pembeli yang kecewa juga akan mengabarkan kekecewaannya kepada orang lain. Meski merek bisnis fashion anda belum terkenal, jika pembeli puas maka secara tidak langsung akan menjadi iklan berjalan untuk usaha kita.

  • Mengikuti Tren

Usaha fashion berkaitan dengan model yang sedang tren, karena itu rajin-rajinlah mengikuti tren dari berbagai aspek, misalnya saja dari segi modelnya.

  • Berikan Personal Touch

Personal touch merupakan hal yang tidak boleh dilupakan dalam bisnis fashion, karena tanpa personal touch, produk tidak akan memiliki nilai jual yang spesial dibandingkan yang lain.

Personal touch di dalam bisnis fashion memang penting, karena hal tersebut memberikan ciri khas terhadap produk fashion kita dan hal tersebut membuat kita mampu untuk bersaing di dalam fashion business.

  • Memaksimalkan Periklanan Dengan Media Yang Tepat

Iklan memang memegang peranan yang penting dalam pemasaran bisnis fashion. Namun perlu dipikirkan media yang tepat sesuai target pasar yang akan disasar. Misalnya saja bisnis fashion kita untuk kaum wanita, maka beriklan di tabloid wanita merupakan pilihan yang tepat.

Meski usaha fashion masih baru dan bersaing dengan merek terkenal, namun dengan strategi bisnis yang tepat akan tetap dicari oleh pembeli.(/vibizmanagemen).

- See more at: http://galeriukm.com/marketing/kiat-sukses-bisnis-fashion#sthash.FI59uVZy.dpuf

Konsultan Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply