Komunitas Bisnis Dari Rumah Menjembatani Belajar Bisnis Online

 Bisnis Online

BISNIS DARI RUMAH — Meski bisnis online sudah banyak dilakukan orang namun nyatanya masih ada sebagian orang yang mengalami kesulitan dalam menjalaninya. Banyak fasilitas bisnis online di dunia maya yang bisa dimanfaatkan secara gratis untuk membangun bisnis dari rumah, misalnya saja blog pribadi dan situs jejaring sosial. Bagi Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) jika mampu memanfaatkan fasilitas ini akan berdampak besar bagi perkembangan bisnisnya. Bagi perorangan bisnis online bisa dijadikan usaha sampingan dari rumah.

Dalam rangka menjembatani kesenjangan ini, pasangan suami-istri Cheriatna dan Farida Ningsih membuat sebuah komunitas Bisnis Dari Rumah di situs jejaring sosial Facebook. Alasan nama komunitas Bisnis Dari Rumah adalah karena bisnis ini dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas internet memang bisa dilakukan dari rumah.

Menurut Cheriatna, komunitas Bisnis Dari Rumah ini berusaha untuk mengangkat UKM agar mampu memanfaatkan internet untuk mencari pasar, mitra bisnis, dan peluang bisnis lainnya, dengan biaya marketing yang lebih murah dan efektif. Menurutnya banyak UKM-UKM yang memiliki produk potensial tapi tidak tahu bagaimana cara memasarkan, atau mengembangkan pemasaran produknya agar menjangkau konsumen yang lebih luas. Atau, banyak orang yang ingin memulai bisnis, tanpa harus pergi ke kantor, alias bisnis itu bisa dikendalikan dari rumah, tapi bingung memilih produk yang tepat dan tak tahu bagaimana memasarkannya secara efektif lewat dunia maya.

Pelatihan Langsung Praktek Bisnis Online

Cheriatna menambahkan, Komunitas Bekerja Dari Rumah menawarkan bantuan untuk mereka dengan memberikan pelatihan bagaimana caranya mengelola bisnis, terutama pemasarannya, dengan memanfaatkan internet. Mereka yang sudah punya produk, belajar bagaimana caranya memperluas pasar, dan yang tidak punya produk bisa berperan sebagai perantara antara penjual dan pembeli, juga dilakukan lewat dunia maya, untuk menambah penghasilan.

Pelatihan Bisnis Dari Rumah ini dilakukan secara aplikatif, belajar dengan cara langsung praktek. Lama waktu pelatihan adalah 4 sampai dengan 5 kali pertemuan, dengan setiap kelas dibatasi 10 peserta. Selain pelatihan teknis bisnis online, pelatihan ini juga membantu mencari produk-produk yang tepat untuk dijual secara online. Bahkan memberi pengetahuan tentang bagaimana melakukan transaksi ekspor impor jika ada pembeli yang berasal dari luar negeri.

Setelah mengikuti pelatihan dan bergabung dengan komunitas Bisnis Dari rumah ini sudah banyak yang sukses menjadi pengusaha. Misalnya saja Noer Rachman Hamidi, yang sukses menjadi pengusaha eksportir sabut kelapa. Di luar negeri hasil usaha Noer dimanfaatkan untuk bahan baku isi jok kendaraan, pengganti busa. Selain itu ada Masrura Ramial, pengusaha belut dan rotan.

Yang lebih unik dan menarik lagi adalah para alumni pelatihan yang sudah sukses menjalankan usahanya, akan menjadi mentor pelatihan berikutnya jika ada angkatan baru. Jadi para peserta tidak hanya belajar teori bisnis online, tetapi juga belajar dari pengalaman orang lain. Selama dua tahun berdiri kini jumlah anggota BDR di halaman Facebooknya sudah mencapai lebih dari 30.000 orang. Meski untuk kegiatannya masih terbatas di daerah Jakarta, Depok, Bekasi dan Bandung. Anda tertarik? Silahkan bergabung.

- See more at: http://galeriukm.com/bisnis-online/komunitas-bisnis-dari-rumah-menjembatani-belajar-bisnis-online#sthash.DilPHo0c.dpuf

Advertising Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply