Langkah-Langkah Penting Memulai Bisnis Online

 Bisnis Online

LANGKAH MEMULAI BISNIS ONLINE — Banyak orang yang menjalankan bisnis online dengan begitu bersemangat, namun pada akhirnya tidak bisa memperoleh keuntungan dari usahanya tersebut. Karena banyak orang melakukan bisnis online hanya sekedar membangun website kemudian berharap uang akan segera datang. Ada pula yang berupaya bagaimana membuat traffik web meningkat dan bisnis akan berjalan dengan baik. Ternyata ada hal-hal penting dalam dunia bisnis online yang perlu diperhatikan selain sekedar hal-hal di atas.

Banyak orang memiliki ide-ide bisnis yang baik dan berfikir untuk membangun web dengan sebaik-baiknya. Kemudian berupaya untuk membuat pengunjung datang dan melihat-lihat isi web tersebut. Namun sesunguhnya itu belum cukup, karena dalam bisnis online ada strategi penjualan yang juga perlu diperhatikan. Jika pengunjung web bisnis online anda banyak, tetapi tidak membutuhkan produk yang anda jual apakah akan terjadi transaksi? tentu saja tidak bukan.

Karena itu agar anda tidak membuang-buang banyak biaya dan tenaga dalam membangun bisnis online, ada beberapa langkah dan strategi yang perlu diterapkan. Agar bisnis online anda berjalan dengan baik, efektif dan efisien.

1. Teliti dan Tentukan Target Pasar Anda
Lakukan penelitian target pasar potensial yang akan dibidik oleh bisnis online anda. Sebuah contoh misalnya target dari web anda adalah penggemar mobil atau orang yang suka bermain game online. Ciptakan penjualan online dari website anda, dimulai dengan mengidentifikasi target pengunjung (pelanggan potensial).

Cara mudah untuk menentukaan target pasar anda adalah melalui Google Adwords. Dengan tool ini kita bisa mengetahui jika ada kata kunci atau frasa dalam target pasar yang sebenarnya dicari di alat pencarian Google. Ingat berpikirlah seperti pelanggan Anda. Jadi mencari kata kunci yang paling mungkin dan frase pembeli akangunakan ketika mencari layanan produk dan atau jasa anda. Perhatikan pula kompetitor yang muncul pada tool ini.

2. Tentukan Selling Proposition Anda
Jangan pernah meniru apa yang dilakukan oleh pesaing anda, ini adalah kesalahan yang besar. Aplagi jika pesaing anda telah memiliki reputasi yang baik, berkompetisi dalam hal ini adalah berat. Buat bisnis online anda berbeda dan unik dibandingkan dengan pesaing anda.

Dengan strategi ini pengunjung web anda yang juga merupakan pelanggan potensial akan akan memahami apa yang menjadi tujuan situs bisnis anda. Contoh dari hal yang membedakan anda dengan pesaing anda adalah, misalnya pesaing menjual ebook $ 27 tentang perawatan bayi. Maka Anda harus menawarkan ebook $ 27 dan video online instruksional pada perawatan bayi dengan bonus lainnya seperti tips mingguan audio yang dikirim ke email mereka. Hal yang baik adalah bahwa Anda menawarkan nilai lebih untuk harga yang sama.

3. Membentuk Strategi Penjualan Online
Bisnis online yang baik adalah bagaimana mengkonvesrsi pengunjung menjadi pelanggan atau uang. Strategi ini juga diberlakukan kepada orang yang saat ini menjadi pelanggan anda. Tidak ada gunanya web anda dikunjungi banyak orang namun tidak ada transaksi di dalamnya.

4. Tetapkan Strategi Email Marketing
Email marketing memungkinkan anda untuk mengumpulkan potensi anda dan informasi pelanggan saat ini. Email marketing memungkinkan Anda untuk terus membangun hubungan dengan pelanggan potensial anda. Membangun hubungan melalui email marketing dapat meningkatkan kesempatan penjualan jangka panjang. Dasar dari pemasaran email adalah mendapatkan izin untuk mengirim email kepada mereka.

5. Memilih Hosting Server Yang Bisa Dipercaya
Hosting service adalah dasar dari website bisnis yang anda bangun, pilih yang memiliki reputasi baik dan tetap online selama 24 jam 7 hari dalam satu minggu.

6. Pemilihan Content Manajemen System (CMS).
Ada banyak pilihan CMS yang bisa dilakukan misalnhya Wordpreess, Joomla, Drupal dan lain-lain. Pilih yang memiliki fitur mudah udpdate, simple,tetapi cukup komplit untuk bisnis online anda. Selain itu anda bisa melakukan optimasi terhadap konten bisnis online anda.

7. Strategi Meningkatkan Traffik yang Fleksibel.
Ada banyak cara untuk meningkatkan traffik ke website bisnis online anda, antara lain: Search Engine Optimation, Social Media , Social Bookmark, dan lain sebagainya.

Membangun bisnis online tidak semata-mata membuat traffik pengujung yang besar, namun lebih utama adalah mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan dan uang. Semua strategi perlu dilakukan secara komprehensif untuk sukses dalam bisnis online. Selamat mencoba.

Sumber:

http://www.darrenmonroe.com/wordpress/7-essential-steps-to-launch-an-online-business/

- See more at: http://galeriukm.com/bisnis-online/langkah-langkah-penting-memulai-bisnis-online#sthash.LNiR78lR.dpuf

Konsultan Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply