Membangun Kepercayaan di Media Online

 Bisnis Online

Untuk membangun kepercayaan konsumen di media online itu susah-susah gampang, membutuhkan proses cukup lama apalagi melihat makin banyak bisnis memakai media sosial. Membangun kepercayan di dunia internet itu penting supaya bisnis yang kita jalanin bisa berjalan dengan baik. Membuka bisnis di media sosial meyuguhkan aneka kemudahan namun juga menghadirkan bentuk risiko. Di antaranya, kasus peretasan maupun penipuan secara online. Membangun kepercayaan inilah yang menjadi pilar penting pembangunan ekonomi internet saat ini.

Untuk meningkatkan jumlah pembeli selain dari SEO, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan agar mereka mau berbelanja di toko online Anda. Diantaranya adalah sebagai berikut.

· Konsistensi

Cara ini bisa membangun kepercayaan audiens dengan bisnis yang Anda buat. Misalnya jika Anda sedang mengembangkan sebuah blog bisnis. Konsistensi mempublikasikan konten menjadi hal yang wajib diperhatikan. Bila di blog Anda slelau update setiap hari, pastikan bahwa blog itu update setiap hari. Tidak hanya soal frekuensi konten yang Anda tulis di blog, tapi juga menyangkut tema-tema yang disajikan. Biasanya pelanggan akan tertairk bila melihat tema-tema yang unik dan membuat penasaran. Konsistensi ini menjukkan bahwa blog bisnis yang Anda jalankan serius. Dengan keseriusan ini akan menumbuhkan kepercayaan dalam diri audiens terhadap bisnis tersebut.

· Kualitas Gambar

Gambar, avatar atau profil di blog bisnis Anda sebaiknya dipilih dengan baik guna dapat menarik perhatian pembeli untuk berbelanja di toko Anda. Sebuah foto disinyalir bisa membangun kesan pertama pembeli saat masuk ke dalam blog bisnis Anda. Sebisa mungkin gunakan foto agar orang bisa melihat mengenali Anda dan menaruh kepercayaan dalam setiap percakapan yang dibangun. Dengan mengenal foto atau gambar yang Anda gunakan bisa meningkatkan peluang blog bisnis Anda.

· Pakai video

Yang paling penting membangun kepercayaan pelanggan adalah membuat sebuah video company profile atau video personal profil, dan biarkan pelanggan lebih dekat dengan si pemilik toko dengan melihat video profile yang Anda tampilkan. Dengan demikian kepercayaan semakin meningkat dan tentunya mereka yang melihat blog bisnis Anda bisa melihat bahwa Anda memang serius melayani pelanggan secara online.

· Kontak

Untuk meningkatkan kepercayaan pembeli maka lengkapilah blog bisnis Anda dengan kontak yang jelas seperti nomor ponsel, alamat email, Pin BB, akun Facebook, akun Twitter, alamat toko offline dan nomor telepon rumah. Supaya pembeli percaya dengan blog yang Anda buat.

Jika Anda serius dengan bisnis yang Anda buat, jangan lupa untuk memasang nomor telepon rumah demi meningkatkan kepercayaan pelanggan.

· Membalas respon pembeli

Bila konsumen Anda banyak yang komplain mengenai barang yang Anda jual, Anda harus meresponnya dengan cepat dan jujur. Masalah ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut tanpa solusi.  Respon jujur dan cepat sangat diperlukan untuk mengatasi masalah komplain dari pembeli. Terakhir, jangan lupa untuk selalu mengucapkan terimakasi atas komplain sebagai bagian dari kepedulian audiens pada bisnis Anda.

Sumber : http://www.smartbisnis.co.id/

Konsultan Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply