Menumbuhkan Kepercayaan Bisnis Melalui Media Online

 Bisnis Online

KEPERCAYAAN BISNIS ONLINE — Bagi anda yang sudah memanfaatkan media online untuk mengembangkan bisnis, langkah selanjutnya adalah melakukan evaluasi penggunaan media tersebut. Salah satunya adalah membangun dan menumbuhkan trust terhadap bisnis yang dilakukan. Pada umumnya orang sudah demikian percaya diri dengan ada dimana-mana misalnya facebook, twitter, youtube, blog dan seabreg media online lainnya. Tetapi apakah ini cukup? Ternyata tidak, memerlukan upaya untuk yang cukup untuk menumbuhkan kepercayaan online, tetapi ini tidak berarti mustahil.

Melalui media online atau offline, setiap pelanggan memerlukan perlakuan yang sama,misalnya saja kebutuhan untuk didengarkan keinginan atau keluhannya dan lain sebagainya. Bila Anda menanggapi pelanggan Anda dengan cara yang benar, Anda mendapatkan kepercayaan itu dan membangun dasar bagi hubungan yang nyata jangka panjang. Inilah yang perlu Anda pertimbangkan ketika Anda melakukan itu.

1. Akui dengan Empati

Ketika pelanggan memiliki masalah dengan produk anda, anda perlu menanggapi pelanggan dengan penuh empati . Misalnya, jika ada tweet pelanggan yang berkaitan dengan keluhan untuk meminta bantuan password yang hilang, berikan bantuan yang memberikan dukungan untuk kepercayaan mereka dengan menambahkan kalimat , “Saya minta maaf”, maka bantuan dan permohohan maaf atas ketidaknyamanan ini akan menjaga kepercayaan pelanggan.

Juga, Ketika pelanggan memiliki pengalaman yang baik terhadap merek Anda, mereka akan memperkuat itu. Berterima kasih kepada mereka dan kemudian berbagi umpan balik mereka secara sosial. Anda tidak hanya memvalidasi emosi mereka, Anda juga menciptakan kesempatan untuk berhubungan dengan anggota komunitas Anda yang mungkin memiliki perasaan yang sama atau masalah, tetapi belum berhasil diketahui.

2. Berikan Media Umpan Balik Yang Tepat

Sebelum mereka mempercayai Anda, pelanggan Anda perlu tahu bukan hanya bahwa Anda akan mendengar mereka, tapi ketika mereka memiliki kekhawatiran atau masalah mereka akan menemukan saluran yang tepat untuk mendapatkan solusi.
Karena itu berikan saluran yang tepat dan mudah diakses yang memungkinkan pelanggan untuk mengekspresikan umpan balik mereka di tempat itu yang paling produktif bagi mereka, apakah itu Twitter, Facebook, halaman produk di situs Web, atau di tempat lain.

Agar pelanggan menemukan saluran yang tepat, Anda harus memastikan bahwa semua percakapan orang yang mereka alami tentang merek Anda dapat diakses di mana saja oleh pelanggan Anda. Dari sana, mereka harus dapat mengakses informasi dan percakapan tentang produk, layanan pelanggan, dan masyarakat. Dengan begitu, pelanggan Anda dapat menemukan orang yang berpikiran dan dapat melompat pada setiap percakapan pada platform apapun.

3. Edukasi Melalui Pengalaman

Ini bukan tugas Anda untuk memberitahu pelanggan Anda apa nilai-nilai perusahaan . Tugas Anda sdslsh membiarkan mereka mengalami nilai-nilai tersebut dengan membawa mereka ke dalam komunitas merek Anda. Untuk itu dibutuhkan suatu sistem untuk pengarsipan, mengorganisir, dan berbagi percakapan, titik kumpul bagi komunitas pelanggan anda.
Setiap pengalaman pelanggan diubah menjadi wawasan berharga yang dapat mempengaruhi prospek, pelanggan dan pengunjung. Percakapan dalam komunitas Anda benar-benar berubah menjadi pengetahuan. Pada akhirnya, komunitas Anda adalah FAQ yang hidup.

4. Jaga Momentum Agar Terus Berlangsung

Setelah Anda mendapatkan kepercayaan pelanggan , mereka cenderung untuk menjadi lebih terlibat dengan merek dan produk. Lakukan upaya agar hal tersebut terus berlangsung dengan membangun hubungan. Untuk melakukan itu, Anda harus mendapatkan kepercayaan berjalan dua arah dan Anda percaya pelanggan.

Pada akhirnya, hubungan yang nyata adalah berjalan dua arah, dan pelanggan Anda tahu itu. Kepercayaan adalah dasar dari suatu hubungan, tetapi untuk menjaga hubungan itu terjadi, Anda perlu membuktikan bahwa Anda layak mendapatkannya, setiap hari dan di mana-mana.

http://mashable.com/2012/05/17/online-trust-customers/

- See more at: http://galeriukm.com/bisnis-online/menumbuhkan-kepercayaan-bisnis-melalui-media-online#sthash.6d4mAwdi.dpuf

Advertising Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply