Peluang Bisnis Beras Organik Semakin Cerah

 Agrobisnis

BERAS ORGANIK — Konsumsi masyarakat terhadap makanan organik dari waktu ke waktu semakin meningkat, salah satunya adalah beras organik. Beras yang menjadi makanan pokok orang Indonesia tidak lepas dari tren tersebut. Peluang bisnis beras organikpun semakin lama semakin besar pasarnya. Untuk masa-masa awal harga beras organik lebih tinggi dibandingkan dengan beras non organik. Ini cukup menguntungkan bagi pelaku bisnis beras organik. Salah satu yang mencoba menangkap peluang bisnis beras organik ini adalah Bustanul Mulyawan, dengan produknya Beras Organik Mr. Ollen dari Bandung. Bustanul bergerak di bidang pertanian organik dengan teknik System of Rice Intensification (SRI). Saat ini Bustanul berkonsentrasi sebagai produsen dan pedagang beras organik. Beberapa varietas padi lokal yang dipasarkan, antara lain beras merah, pandan wangi, ciherang, beras merah putih, beras hitam dan lain-lain.

Awal mula ia menekuni bisnis beras oraganik bermula dari seorang temannya yang mengajak untuk mengembangkan jiwa entrepreneur dan sekaligus berkontribusi kepada masyarakat. Setelah melakukan studi literatur dan banyak interaksi dengan tokoh-tokoh pertanian, dipilihlah pertanian System of Rice Intensification Organic. Selain kualitas produk bagus, juga ramah lingkungan, produktifitas tinggi, dan hemat air.

Pertama kali Bustanul mememulai bisnis beras organik ini pada tahun 2007 dengan mengeluarkan modal sebesar Rp 35 juta. Memang dibutuhkan modal yang besar untuk berbisnis makanan organik. Seiring meningkatnya gaya hidup sehat masyarakat, tentu bisnis makanan organik akan berbuah manis. Bukan tanpa alasan karena Kecenderungan gaya hidup sehat masyarakat akan mendongkrak penjualan makan organik. Selain itu banyak petani yang mulai bertanam beras secara organik,menurut data pun menunjukkan jumlah kelompok petani yang menanam beras organik di Indonesia pada tahun 2001 sebanyak 640 kelompok dan pada tahun 2004 naik menjadi 1.700 kelompok.

Analisa dalam bisnis beras organik ini untuk on farming, butuh dua kali musim tanam bisa langsung BEP plus laba, jika panen berhasil. Untuk trading, bisa lebih cepat,” ujar Bustanul, menjelaskan betapa cepatnya mendapat keuntungan dari bisnis beras organik ini.

Untuk menjaring pasar atas produknya, Bustanul sangat menjaga kualitas dari beras organiknya. Beberapa langkah pun dijalankan olehnya guna membuat konsumennya amat yakin akan kualitas berasnya. Salah satunya dengan mendapatkan sertifikasi dari lembaga terkait produk pertanian. Untuk menjaga kepercayaan konsumen, Bustanul pun selalu menjaga kualitas berasnya agar tetap stabil dan berkesinambungan, dari produk hingga kemasan.(/ciputraentrepreneurship).

- See more at: http://galeriukm.com/agrobisnis/peluang-bisnis-beras-organik-semakin-cerah#sthash.HrHtKJ7q.dpuf

Advertising Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply