Pentingnya Brand Bagi Usaha Kecil

 Promosi

Banyak produk hasil dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki kualitas yang bagus dan penuh dengan kreatifitas. Namun produk-produk tersebut tidak bisa bersaing di pasaran. Hal tersebut disebabkan oleh persoalan branding yang tidak begitu dipedulikan oleh pelaku usaha kecil sendiri, sehingga tidak dikenal masyarakat luas dan tidak siap dijual. Karena itu pentingnya branding bagi usaha kecil perlu sekali mendapat perhatian.

Saat ini untuk menciptakan brand dari sebuah produk UKM tidaklah memerlukan biaya yang sulit. Media digital bisa dijadikan sarana menciptakan branding yang murah dan mudah dijangkau oleh kelompok usaha kecil.

Menurut Amalia E. Maulana , Managing Director Etnomark Consulting, Branding produk berkaitan dengan membangun hubungan yang baik antara produsen dan pelanggan. Menurutnya keterikatan antara produsen dengan konsumen bagai sebuah jalinan hubungan yang perlu dirawat agar terjaga kemesraannya. Hubungan produsen dan konsumen harus menjadi soulmate,Seorang teman sejati pasti tidak akan bohong dan selalu menjaga hubungan baik.

Untuk membangun relasi yang demikian anatar produsen dan konsumen memang bukan perkara gampang, ada beberapa tahapan proses yang harus dilalui. Pada awalnya just friend, berubah menjadi good friend, close friend, dan menjadi soulmate.

Kunci pertama untuk bisa menciptakan brand adalah mengerti kebutuhan konsumen.Membuat konsumen memikirkan produk kita, dan selalu konsisten menggunakannya. Hal yang terpenting adalah menggunakan kreativitas untuk menghasilkan sesuatu yang unik dan beda. Jika Brand dari sebuah produk terbentuk, tinggal langkah selanjutnya adalah membebekali pelaku usaha kecil dengan ilmu pemasaran yang berbeda dengan penjualan.

Dalam masalah pemaran produk usaha kecil , menurut Yongki Surya Susilo,Executive Director The Nielsen Company Indonesia, saat ini diperlukan kecerdasan dalam memanfaatkan media.Pengusaha harus menyadari keberadaan media digital sebagai sarana yang efisien dan murah dalam memasarkan produk.

Hal sederhana dan mudah adalah memastikan bisnis yang dijalankan bisa di akses melalui internet, lebih-lebih menggunakan handphone. Bukan tanpa alasan, data saat ini Jumlah pengguna handphone sudah mencapai 3,3 miliar jiwa. Jumlah ini lebih banyak dari pada jumlah media lainnya seperti TV, telepon, dan PC.

Melihat kenyataan tersebut digital marketing saat ini menjadi pilihan yang harus dilakukan untuk memasarkan produk UKM. Mendekatkan brand dengan pelanggan melalui media digital adalah sesuatu yang mungkin dan sangat efisien.

Sumber:

http://www.bisnis.com/articles/umkm-perlu-munculkan-brand

Sumber : http://galeriukm.com

Advertising Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply