Strategi bisnis dalam persaingan ketat

 Info Bisnis

Bukan perkara mudah menjalankan bisnis, terkadang seorang pebisnis-entah yang sudah lama atau baru memulai-harus berpikir keras demi mendapatkan ide terbaik dan strategi jitu mengatas persaingan bisnis.

Maraknya pertumbuhan usaha dsan bisnis di tengah pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik, ternyata berhasil menciptakan persaingan pasar yang semakin ketat. Keadaan ini tentu saja memaksa para pengusaha untuk menggunakan berbagai cara dalam strategi pemasaran mereka. Banyak cara yang mereka lakukan agar usahanya tidak kalah bersaing dengan peluang usaha lainnya, sehingga masih bisa bertahan bahkan berkembang ditengah persaingan pasar yang semakin ramai.

Memasarkan dan menjalankan bisnis butuh strategi. Anda bisa memulai strategi tersebut dengan memanfaatkan kejelian pasar bisnis Anda. Berikut adalah tipsnya:

  • Siapa kompetitor Anda dan bagaimana respon pasar

Produk Anda hanya akan berjalan di tempat jika Anda hanya menyajikan produk yang hanya itu-itu saja , bahkan cenderung sama dengan pesaing Anda. Maka kenali siapa di balik kompetitor Anda, pelajari bagaimana mereka memasarkan produknya, maka lakukanlah perbedaan diantara mereka. Semua dengan Anda pandai membaca respon pasar dengan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat yang banyak.

  • Harga yang bersaing dengan pelayanan lebih

Tidak harus menurunkan harga pasaran atau menaikkannya. Anda bisa memberikan nilai lebih dengan memberikan layanan yang jauh lebih baik dan komprehensif. Jika Anda memberikan layanan yang baik maka seberapapun harga yang Anda terapkan tentu tidak akan mengecewakan pelanggan.

Sebaliknya, jika Anda menaikkan atau menurunkan harga pasar tapi dengan layanan yang kurang memuaskan bahkan cenderung mengecewakan, maka semurah apapun harga produk yang Anda tawarkan tidak akan dilirik orang.

  • Promosi produk

Jangan pernah beranggapan bahwa produk Anda akan maju tanpa Anda memasarkannya dengan baik, atau hanya mengandalkan nama besar saja. Bahkan sebesar apapun brand yang dibawa tetap masih membutuhkan promosi yang “jor-joran”.

Promosi produk bisa sangat beragam mulai dari yang berbayar sampai gratisan. Salah satunya Anda bisa memanfaatkan jejaring sosial yang akurat dan terukur untuk memasarkan produk Anda. Jauh lebih efektif ketimbang Anda hanya mengandalkan promosi offline saja.

Sumber : http://www.smartbisnis.co.id/

Konsultan Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply