Strategi marketing WoM masih sangat efektif

 Info Bisnis

Mengembangkan bisnis baik kecil maupun besar adalah tombaknya marketing. Bagaimana produk atau portofolio tersebut dapat memiliki daya jual. Paling tidak, membutuhkan strategi untuk mengembangkannya, salah satunya dengan word of mouth (WoM) atau dari mulut ke mulut.

Kemampuan yang dimiliki strategi marketing dari mulut ke mulut ini memang cukup ampuh dalam meningkatkan citra perusahaan di mata pelanggan dan calon pelanggan. Apalagi di dukung dengan produk atau jasa yang akan dijual.

Meningkatkan word of mouth yang pertamakali difokuskan adalah bagaimana pelanggan atau customer merasa puas dengan pelayanan yang Anda berikan, sehingga mereka dapat memberikan informasi kepada orang setelahnya baik untuk maksud atau tidak mempromosikan produk Anda.

Cara dan strategi ini ternyata yang terus dilakukan oleh bisnis UKM Commune Café & Bistro di Jakarta. “Bagi kami paling efektif dari mulut ke mulut,” ujar Reza operasional café. “Orang yang makan disini puas maka bisa diberitahu ke teman-temann lain,” lanjutnya.

Demi meningkatkan kualitas layanan café ini selalu menomorsatukan kepentingan customer. Asal tidak bentrok dengan konsep yang dijalankan Commune Café & Bistro bagi mereka pelanggan adalah seperti raja yang harus dilayani hingga mencapai titik puas.

Salah satu bukti keberhasilan Commune Café & Bistro dalam menjalankan bisnis dan strateginya adalah semakin konsistenanya pelanggan yang loyalm, bahkan semakin bertambahnya pelanggan yang baru. Disebutkan dalam satu hari, café ini selalu melayani pelanggan hingga 60 orang, bahkan lebih di hari biasa.(baca: Daya tarik seni jadi uang di bisnis kuliner ).

Akhirnya, mengembangkan usaha dan bisnis, apalagi usaha kecil masih sangat membutuhkan berbagai cara dan macam strategi. Dan untuk dikenal masyarakat luas, strategi pemasaran dari mulut ke mulut jadi kunci tercepat Anda dapat pelanggan terbanyak. Tapi untuk itu, Anda harus bersedia memberikan pelayanan ekstra.

Sumber : http://www.smartbisnis.co.id/

Konsultan Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply