Strategi Penamaan Domain

 Bisnis Online

Nama domain adalah real estate di internet. Sama halnya dengan lokasi yang sangat berpengaruh pada bisnis real estate, sebuah nama domain bisa menjadi pondasi kesuksesan situs Anda. Tapi bagaimana cara mengidentifikasinya? Dibawah ini Anda akan menemukan 7 karakteristik nama domain yang bagus.

1. Singkat

Nama domain yang bagus adalah yang singkat. Bukan sebuah kebetulan bahwa semua domain .com yang terdiri dari 3 dan 4 huruf sudah tidak ada lagi, dan yang sepanjang 5 huruf juga berkembang pesat. Tidak ada jumlah huruf spesifik yang perlu Anda incar, tapi ingatlah bahwa semakin singkat akan semakin baik. Jika Anda memerlukan petunjuk, cobalah untuk tetap berada dibawah 10 huruf, dan jangan pernah melewati 20 huruf. Untuk jumlah kata yang digunakan, domain dengan satu kata sangat berharga, dua kata sudah cukup baik, tiga kata termasuk rata-rata, dan diatas itu biasanya bukan merupakan ide yang baik.

Contoh: Quotes.com adalah domain superior dan mungkin bernilai jutaan dolar. ProQuotes adalah domain dua kata yang cukup bagus yang bernilai ribuan dolar. ProQuotesNow adalah domain rata-rata yang bisa digunakan untuk sebuah website, dan YourProQuotesNow hampir tidak bernilai.

2. Mudah Diingat

Kebanyakan pengguna internet tidak menggunakan bookmark. Mereka hanya mengingat nama domain dari situs favorit mereka dan mengetikkannya setiap ingin mengunjunginya. Tentunya, jika nama domain Anda begitu kompleks sampai sulit diingat, maka Anda akan kehilangan pengunjung seiiring berjalannya waktu.

Contoh: Brcwr.com adalah domain yang singkat, tapi sangat sulit untuk diingat, sehingga merupakan ide yang buruk untuk menggunakannya dalam situs Anda (kecuali kata tersebut merepresentasikan nama situs tersebut atau sebuah pesan yang bisa diingat).

3. Mudah Dieja

Hal terakhir yang Anda inginkan adalah pengunjung-pengunjung Anda salah mengeja domain Anda dan malah berakhir di situs lain. Hindari penggunaan kata asing yang tidak biasa, kata-kata yang memiliki pelafalan yang kompleks, kombinasi huruf yang aneh dan hal-hal lain yang mungkin membuat seseorang salah mengeja alamat situs Anda.

Contoh: CappuccinoBar.com mungkin akan bermasalah untuk pengunjung yang berbahasa inggris. Cappuccino berasal dari bahasa Italia, dan tidak semua orang mengetahui huruf mana saja yang harus dituliskan dua kali.

4. Memiliki ekstensi .com

Organisasi-organisasi mungkin lebih memilih untuk menggunakan domain .org, dan perusahaan yang menargetkan area geografis yang sangat spesifik mungkin ingin menggunakan domain lokal (cth- .co.uk, .co.id).

Walaupun begitu, diluar dari kasus-kasus ini, sebuah domain .com tetap yang terbaik. Ekstensi ini adalah yang paling populer, dan sudah tertanam dalam pikiran orang-orang.

Pengunjung yang datang ke situs Anda melalui search engine atau link organic akan lebih memperhatikan nama situs, bukan alamatnya. Karena itu, saat mereka ingin mengunjungi situs Anda lagi, mereka kemungkinan besar akan mengetikkan nama situs Anda diakhiri dengan .com. tentunya, bukan situs Anda yang akan mereka kunjungi.

Contoh: Darren Rowse membuat blognya yang populer pada domain Problogger.net. tapi walaupun dia sudah memiliki brand yang kuat, beberapa pengunjung masih masuk ke problogger.com. setelah beberapa tahun, Darren memutuskan untuk membeli versi .com seharga $5000 dan melakukan redirect ke situsnya, sehingga tidak akan ada pengunjung yang ‘bocor’.

5. Deskriptif

Banyak pengunjung akan datang ke situs Anda melalui search engine dan direct link dari situs lain. Mereka datang jika mereka tertarik dengan nama domain Anda. Memiliki nama domain yang deskriptif akan member pengertian awal pada pengunjung tentang situs Anda, bahkan sebelum mereka masuk. Jika ada keyword tertentu dalam domain Anda, maka rangking search engine Anda juga bisa terbantu.

Contoh: Anda pastinya bisa menebak isi TelevisionGuides.com bahkan sebelum mengunjunginya, bukan? Coba sekarang balikkan keadaannya. Anggaplah Anda sedang mencari sebuah review film. Anda mencari di Google, hasil teratas datang dari MikesLair.com, dan hasil kedua datang dari MoviesCentral.com. Yang mana yang akan Anda klik?

6. Brandable

Sebuah domain yang brandable memiliki pelafalan yang baik, kombinasi huruf yang menarik, atau efek visual yang menarik. Kadang memang tidak terlalu deskriptif, tapi bisa sama efisiennya. Domain yang brandable akan membuat pengunjung Anda mengasosiasikan nama situs Anda dengan isi di dalamnya. (Perhatikan bahwa domain yang brandable juag bisa bersifat deskriptif, hanya tidak selalu.)

Contoh: Kotaku.com adalah salah satu blog tentang game paling populer di internet. Nama domainnya tidak deskriptif sama sekali, tapi brandnya sangat kuat sehingga gamer di dunia internet bisa langsung mengenalinya.

7. Tidak mengandung penghubung atau angka

Nama domain yang mengandung penghubung dan angka memang lebih murah. Mereka memiliki masalah yang sama dengan domain yang tidak menggunakan ekstensi .com atau menggunakan ejaan yang sulit. Mari kita lihat Tech-World.com. Kata-kata yang akan teringat oleh orang-orang adalah ‘tech’ dan ‘world’. Banyak pengunjung akan melupakan penghubungnya (-). Kemungkinan mereka akan berusaha mengakses situs Anda dengan mengetikkan TechWorld.com, dan berakhir sia-sia. Angka, juga akan membingungkan orang-orang dengan ejaannya. Anggap saja Anda menggunakan domain Tech5.com. Pengunjung mungkin akan tertukar dengan TechFive.com, itu kalau mereka mengingat ada angka di nama domain Anda!

Contoh: Coolest-Gadgets.com adalah sebuah blog gadget yang sangat populer, dengan lebih dari 70,000 subscriber RSS. Dengan jumlah pembaca yang begitu banyak, dan kebanyakan akan mengetikkan langsung nama domain tersebut secara langsung saat ingin mengunjunginya. Tidak perlu dikatakan lagi bahwa kebanyakan dari mereka akan melupakan tanda penghubungnya. Sehingga pemiliknya membeli CoolestGadgets.com setelahnya untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Kesimpulan

Jangan putus asa dulu jika domain Anda sekarang tidak memiliki karakteristik diatas, atau Anda tidak bisa menemukan yang mengandung karakteristik ini. Ini hanyalah faktor-faktor yang perlu diperhatikan saat mengevaluasi sebuah nama domain.

Ada cukup banyak contoh situs populer yang memiliki domain dengan beberapa karakteristik yang tidak ada diatas. Pastikan saja domain Anda memiliki sebagian karakteristik diatas dan Anda akan baik-baik saja.

Sumber : http://www.smartbisnis.co.id/

Advertising Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply