Sukses Bisnis dengan 5 Pokok Utama

 Tips

Nama besar dengan modal besar pula bukan patokan menentukan suksesnya suatu bisnis. Bisnis kecil hanya akan menjadi besar jika dilakukan dengan strategi jitu, melewati masa star-up atau masa ketidakstabilan bisnis.

Menjalankan binis kecil untuk melangkah mengembangkan bisnis butuh tenaga keras, waktu, dan pikiran. Bukan tanpa tantangan, beragam serangan mental menghantui pelaku bisnis, mulai dari resiko gagal, jatuh, dan gulungtikar.

Sebuah riset menunjukkan bahwa hanya 20% start-up yang dapat bertahan dan menjadi sebuah perusahaan besar. Sisanya atau 80% gugur pada 5 tahun pertama saat masa start-up.

Setidaknya ada 5 hal pokok yang penting dan perlu diperhatikan bagi para pemula bisnis;

1. Ide yang hebat

Keilmuwan dan strata tidak menjamin seseorang memiliki ide yang hebat. Kadang ide hebat datang dari pengalaman seseorang dalam melakoni bisnis. Ide hebat bukan sesuatu yang berwujud, ia datang dari kerasnya daya pikir seseorang dan menguras banyak waktu untuk berpikir.

Atasan akan rela merekrut orang-orang yang memiliki banyak pengalaman bisnis, karena dipikirnya akan memberikan banyak sumbangsih ide-ide cemerlang.

2. Rekrut orang-orang terbaik

10 orang karyawan tidak akan banyak berpengaruh pada perkembangan bisnis Anda dibandingkan 1 orang yang memiliki kapasitas lebih. Masa ketidakstabilan bisnis Anda akan sangat membutuhkan orang-orang hebat yang mendukungnya.

Orang-orang hebat adalah yang memiliki kreatifitas, fleksibilitas, memiliki pemikiran dan ide-ide hebat, dan inovasi tinggi.

3. Tidak melulu prioritas pendidikan

Pendidikan memang menentukan untuk keahlian seseorang. Tapi tidak pula melulu soal pendidikan. Pasalnya keahlian seseorang dapat diasah dari pengalamannya dalam menjalankan bisnis.

Di banyak kasus bahkan pengusaha-pengusaha sukses berasal dari mereka yang tidak memiliki pendidikan terlalu tinggi. Pelaku entrepreneurship  adalah ia yang berani mengeluarkan ide dan berani ambil resiko.

4. Independen, dan tidak terlalu terikat kepada karyawan.

Bisnis mulai berkembang, mulai kebanjiran order, klien mulai ketergantungan pada bisnis Anda. Merekrut beberapa karyawan mungkin bisa jadi pilihan yang tak terelakkan.

Merekrut karyawan baru bukan berarti melupakan yang lama. Merekomendasikan karyawan untuk beradaptasi dengan kebijakan yang baru atau diperbaharui pun menjadi alasan untuk kelanggengan. Namun, saat karyawan lama tak lagi bisa beradaptasi, tindakan melepaskan karyawan lama bisa menjadi pilihan akhir.

5. Bentuk tim solid dan transparan

Mendirikan sebuah start-up adalah hal yang sulit, tapi membuat start-up tersebut sampai menjadi sebuah perusahaan bisa menjadi sangat sulit. Jika Anda mempunyai ide yang hebat dan tim yang solid dibalik produk Anda, bisnis Anda berpotensi untuk berkembang.

 Keterbukaan dalam setipa informasi yang ada dalam perusahaan pun menjadi alasan meningkatkan engagement karyawan terhadap perusahan, yang pada akhirnya mereka akan mampu menelurkan ide-ide hebat untuk perusahaan.

Pada akhirnya, bisnis kecil yang masih star-up sangat tidak stabil. Tapi bukan hal yang mustahil untuk mengembangkan usaha kecil itu menjadi usaha besar dengan ide hebat, orang terbaik, pengalaman tinggi, engagement, dan tim terbaik di belakangnya.

Sumber : http://www.smartbisnis.co.id/

Advertising Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply