Tingkatkan penjualan dengan promosi yang efektif

 Tips

Untuk menjamin keberlangsungan bisnis Anda, menjaga volume penjualan adalah suatu keharusan. Dengan penjualan yang stabil bahkan meningkat, bisnis Anda akan terus berkembang.

Promosi bisa juga dilakukan lewat mulut ke mulut oleh para konsumen sendiri karena kepuasan mereka berbelanja di tempat Anda.

Peningkatan volume penjualan juga tidak bisa dilepaskan dari promosi yang efektif sehingga produk laku di pasaran. Bagaimana langkah meningkatkan penjualan dengan melakukan promosi yang efektif?

Sebelum Anda melakukan promosi, ada beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan oleh para pebisnis dalam mempromosikan produk mereka. Hindarilah 3 kesalahan berikut ini.

  1. Jangan pernah berasumsi bahwa pelanggan Anda mengenal semua produk dan layanan yang Anda tawarkan. Kebanyakan konsumen hanya membeli satu atau dua produk yang terkait dengan bisnis mereka. Mengapa Anda tidak menawarkan produk lain yang Anda miliki sehingga para pelanggan mengetahui produk apa saja yang Anda jual.
  2. Anda gagal dalam meningkatkan program promosi. Apakah Anda sering berbelanja di minimarket atau pergi ke restoran cepat saji? Mungkin Anda pernah ditawari oleh kasir minimarket dan restoran cepat saji tersebut berbagai menu tambahan atau produk lain yang berkaitan dengan promo atau produk yang Anda beli. Mengapa Anda tidak mencoba cara ini? Toh, tidak ada salahnya menawarkan kepada para pelanggan produk apa yang menjadi promo Anda bulan ini.
  3. Anda menawarkan produk yang menurut Anda pelanggan akan membelinya. Kesalahan dalam menilai ini seringkali menjadi jebakan bagi para pebisnis. Jangan terlalu cepat menilai dan jangan menilai dari penampilan. Tawarkan saja segala produk yang Anda jual, mungkin saja para pelanggan tertarik dengan produk tersebut.

Dari kesalahan tersebut, Anda dapat meyakini bahwa untuk meningkatkan penjualan butuh komitmen dan latihan yang terus-menerus. Selanjutnya, sambil mengasah kemampuan, Anda dapat menerapkan kiat mempromosikan bisnis berikut ini.

Bersikap ramah. Meski sepele, sikap ramah ternyata dapat membuat para pelanggan betah dan menjadi loyal terhadap Anda. Jika Anda mempromosikan bisnis lewat online, keramahan juga dapat Anda tunjukkan lewat desain web yang menarik, tidak rumit, dan dilengkapi dengan alamat kontak yang jelas. Jika ada yang memberikan komentar atau bertanya, segeralah merespon atau menjawab ditambah dengan ikon-ikon yang mewakili ekspresi Anda. Dengan cara itu, keramahan Anda akan lebih terasa oleh para pelanggan.

Menjaga hubungan baik dengan para pelanggan. Mempertahankan pelanggan yang lama akan berdampak pada datangnya pelanggan baru. Kenapa? Karena para pelanggan lama tersebut merasa nyaman berbisnis dengan Anda dan tanpa sadar ikut mempromosikan bisnis Anda kepada orang-orang yang dikenalnya.

Beri perhatian untuk produk yang banyak peminatnya. Ini dapat menjaring lebih banyak pelanggan apalagi jika Anda memberikan souvenir atau voucher dari produk ini. Jangan mengecilkan arti souvenir karena bisa jadi hal itu justru menjadi alasan pelanggan untuk membeli produk.

Setelah pendekatan emosional sudah Anda lakukan, kini Anda dapat melakukan promosi yang tepat seperti contoh berikut ini.

    1. Promosi offline

Ragam promosi offline sangat banyak, contoh: dengan brosur, pamflet yang dibagikan di jalan-jalan atau door-to-door untuk menjaring konsumen. Promosi bisa juga dilakukan lewat mulut ke mulut oleh para konsumen sendiri karena kepuasan mereka berbelanja di tempat Anda. Oleh karena itu, jadikanlah pelanggan Anda sebagai raja. Selain itu, Anda dapat melakukan promosi dengan memasang iklan di berbagai media cetak atau menempatkan informasi perusahaan Anda di Yellow Pages sehingga pelanggan akan lebih mudah menemukan link direktori perusahaan Anda.

    1. Promosi online

Merupakan cara yang saat ini banyak dilakukan orang, misalnya dengan membuat toko online, baik di blog, jejaring sosial, maupun website.

Sumber : http://www.smartbisnis.co.id/

Advertising Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply