Tips dan Trik Berbisnis dengan Target Pasar Perempuan

 Tips

Perempuan memang dinilai memiliki banyak keinginan dan kebutuhan yang lebih dari seorang pria. Mereka juga dinilai memiliki sifat yang tidak suka dengan sebuah kesulitan dan lebih menyukai hal yang simple namun tetap indah. Bagaimana ketika Anda ingin membuka usaha atau sebuah bisnis yang berorientasi pada target pasar kaum perempuan? Apa saja yang perlu Anda ketahui dan Anda butuhkan? Nah, berikut ini akan kami share tips dan trik berbisnis untuk Anda yang mengincar target pasar kaum perempuan:

Apa yang disuka perempuan?

1. Promo gratis

Siapa yang tidak suka dengan satu kata “gratis” ini? Siapapun menyukai bila disuatu toko atau tempat perbelanjaan semacamnya tercantum sebuah label “gratis”. Perempuan menjadi salah satu yang menyukai segala macam bentuk promo gratis atas suatu barang. Mereka akan rela berdesakan dan antre untuk mendapatkan suatu barang yang memiliki promo gratis didalamnya. Tidak jarang di suatu departemen store bagian produk wanita akan ada satu atau beberapa jenis barang yang menyediakan promo gratis setelah membeli beberapa produk. Hal ini memang menjadi suatu strategi yang sudah terbukti berhasil menjaring banyak customer, khususnya perempuan.

2. Promo diskon

Selain promo gratis, promo diskon juga masih digandrungi dan dicari oleh perempuan. Siapa yang akan menolak, pakaian yang mereka inginkan dijual dengan harga yang lumayan mahal, namun masih mendapatkan diskon? Tidak ada yang bisa menolak promo diskon atas suatu barang. Sekecil apapun diskon yang diberikan, pasti akan sangat berpengaruh dan dicari oleh banyak konsumen perempuan.

3. Promo voucher

Membeli suatu produk dengan ketentuan tertentu dan mendapatkan hadiah tambahan adalah dambaan setiap orang. Sering kita menjumpai sebuah toko atau departemen store yang akan memberikan hadiah tersebut kepada konsumennya. Misalnya, ketika Anda membeli produk senilai 100.000 atau lebih, maka Anda akan mendapatkan voucher senilai 25.000. Nah, ketika Anda ingin menggaet pembeli dengan target pasar perempuan, maka promo yang satu ini bisa menjadi solusinya.

4. Promo trial

Anda tentu bukan hanya ingin pembeli membeli produk Anda, tetapi juga merasakan pengalaman yang indah dan membuat mereka ingin kembali lagi dan lagi. Nah, dengan promo trial ini Anda bisa membuat suatu pengalaman yang akan diingat selalu oleh pelanggan Anda. Contohnya, ketika Anda memiliki bisnis seperti spa atau salon, pada awal pembukaan, Anda bisa memberikan promo trial untuk konsumen – konsumen Anda. Ini akan menuntun mereka mendapatkan pengalaman baik atau buruk. Ketika mereka mendapatkan pengalaman yang baik, maka mereka akan kembali dan bisa jadi mereka akan rela membayar sedikit lebih mahal untuk pengalaman indah tersebut.

5. Promo limited offer

Setelah promo diskon, free, voucher, dan trial, kali ini promo limited offer menjadi salah satu yang tidak bisa ditinggalkan oleh perempuan. Perempuan bisa menjadi kalap ketika mereka membeli suatu produk yang bagus, diskon, dan memiliki jangka waktu tertentu. Tanpa pikir panjang, mereka akan langsung membelinya. Mengapa tidak Anda coba pada usaha Anda, bila memang target pasar Anda adalah kaum perempuan.

6. Promo package

Promo package ini biasanya akan menjadi salah satu pilihan dari beberapa promo lainnya. Siapa yang tidak tergiur jika Anda menawarkan 2 produk yang harganya lebih murah daripada membeli 1 produk. Contohnya, ketika pakaian yang harga per piecenya dibandrol 100.000 dan ketika konsumen membeli 2 piece, mereka akan mendapatkan harga hanya 170.000 atau bisa dibawahnya tergantung Anda. Biasanya ini lebih diinginkan oleh para ibu rumah tangga, yang tentu saja akan lebih memperhitungkan setiap pengeluaran yang ia lakukan. Cobalah promo package ini pada usaha atau bisnis Anda.

Lalu apa yang diinginkan perempuan?

1. Kemudahan

Mendapatkan harga murah, diskon, barang bagus dan satu lagi mudah dalam bertransaksi terlebih ketika berbelanja di toko online adalah hal yang sangat diinginkan kaum perempuan. Karena bisa dibilang pada dasarnya wanita memiliki rasa tidak sabar yang lebih besar dari seorang pria. Ketika Anda memiliki target pasar kaum perempuan dan media yang Anda gunakan adalah toko online, maka usahakan untuk terus memberikan kemudahan kepada mereka dalam mengakses website Anda, dan kemudahan pada saat bertransaksi. Jangan biarkan mereka pergi sebelum sempat membeli produk Anda.

2. Kenyamanan

Selain mudah, perempuan juga akan lebih senang berbelanja dengan pelayanan yang nyaman. Salah satunya yaitu pada saat proses mengantar barang. Cepat dan tentu saja sampai dengan kondisi baik adalah keinginan setiap perempuan. Mereka juga akan lebih nyaman ketika menerima pelayanan baik secara langsung ataupun via telepon dengan sangat ramah dan nyaman. Cobalah untuk memprioritaskan kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen perempuan Anda.

3. Murah

Yang satu ini adalah dambaan setiap orang, bukan hanya perempuan tetapi juga laki – laki. Semua menginginkan barang yang bagus dan tentu saja murah. Anda bisa memberikan harga yang sedikit miring untuk beberapa produk yang Anda jual. Harga ini diluar potongan harga yang nantinya akan Anda berikan. Untuk langkah awal pada saat mendirikan usaha, harga murah bisa menjadi salah satu yang dapat menarik perhatian konsumen Anda.

4. Menarik

Tampilan website atau toko online yang menarik adalah salah satu yang akan menarik perhatian perempuan. Jika Anda memiliki toko offline, Anda juga bisa mendesain toko Anda semenarik mungkin. Tidak perlu menggunakan semua desain dengan warna pink yang memang identik dengan perempuan. Hanya beberapa sentuhan warna yang lembut dan dengan beberapa gambar yang menarik akan membuat mereka tertarik untuk mengunjungi website atau toko Anda.

5. Jangka panjang

Sebagaimana Anda, konsumen Anda juga menginginkan sesuatu yang berjangka panjang. Baik dalam bentuk garansi barang yang mereka beli, juga sebuah hubungan keakraban dengan toko yang mereka sering datangi. Anda bisa membuat sebuah event atau komunitas dari pelanggan – pelanggan Anda. Dari situ Anda tidak harus selalu mempromosikan produk – produk yang anda miliki. Namun juga bisa dengan cara memberikan pengetahuan dan knowledge sharing mengenai toko Anda. Salah satu contohnya yaitu ketika Anda memiliki sebuah toko muslimah dan sudah memiliki banyak pelanggan. Anda bisa mengajak pelanggan – pelanggan Anda untuk sekedar sharing mengenai tutorial hijab, cara berpakaian muslimah yang syar’i dan lain sebagainya. Dengan begitu baik Anda maupun pelanggan Anda akan merasakan adanya keakraban antara penjual dan pembeli.

Oke, sudah siapkah Anda dengan bisnis ini? Segeralah bertindak dan selamat mencoba ;-)

Sumber : www.mediabisnisonline.com

Advertising Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply