Tips Membangun Relasi demi Kelangsungan Bisnis Anda

 Tips

Suatu usaha atau bisnis akan mampu berjalan dengan sangat baik apabila memiliki konsep yang matang, produk yang banyak dicari pelanggan, pelayanan yang dapat mendatangkan banyak pelanggan dan juga memiliki relasi dengan banyak pihak. Relasi disini bukan hanya sekedar mereka yang berinvestasi terhadap bisnis kita, namun relasi disini bisa juga adalah orang lain yang sebelumnya belum pernah kita kenal. Kita harus mampu menjalin relasi yang baik dengan banyak orang. Ini akan membantu kita dalam mengembangkan bisnis kita kedepannya. Bagaimana menjalin suatu relasi atau hubungan yang baik demi kelangsungan bisnis kita? Berikut ini adalah 5 tips yang dapat kami bagikan kepada para pembaca:

1. Bergabung dengan suatu komunitas

Memiliki suatu relasi sangatlah dibutuhkan dalam membangun sebuah bisnis. Ini bukan semata – mata untuk mendapatkan banyak pelanggan dan menghasilkan banyak uang dari mereka. Tapi lebih dari itu, yaitu menjalin komunikasi atau silaturahmi antar sesama pebisnis atau yang lainnya. Anda bisa ikut bergabung dengan suatu komunitas bisnis yang sesuai dengan bidang Anda. Atau Anda bisa membuat suatu komunitas Anda sendiri bersama teman – teman sesama pebisnis. Dengan begitu Anda akan menemukan banyak relasi disana, dan itu tentu saja akan membawa dampak yang sangat bagus untuk bisnis Anda.

2. Membuat komunitas untuk pelanggan

Bukan hanya Anda sebagai pemilik bisnis yang membutuhkan suatu relasi untuk kelangsungan bisnis Anda. Pelanggan Anda tentu saja juga membutuhkan hal tersebut. Mereka juga ingin memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan lainnya. Cobalah untuk membuat sebuah komunitas yang berisikan pelanggan – pelanggan Anda. Dari sana, Anda juga akan menjadi lebih dekat dengan para pelanggan Anda. Ketika itu terjadi, Anda akan tahu apa yang pelanggan Anda inginkan dan harapkan dari bisnis Anda. Dan ini akan menjadi masukan bagi Anda dalam mengembangkan bisnis tersebut.

3. Membangun hubungan dengan pelanggan lama

Baik dengan pelanggan baru atau pelanggan lama, Anda harus menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Bisa dibilang pelanggan lama adalah pelanggan yang sangat berpotensial untuk bisnis Anda. Jangan sia – siakan kesempatan untuk terus menjalin komunikasi dengan semua pelanggan Anda. Anda bisa mendapatkan banyak masukan dari mereka yang akan membantu mengembangkan bisnis Anda.

4. Menghadiri acara diluar jam kerja

Salah satu cara mendapatkan relasi untuk bisnis Anda adalah dengan menghadiri suatu acara diluar jam kerja. Entah itu kembali acara komunitas lain, acara seminar atau yang lainnya. Ini akan membuat Anda mengenal banyak orang yang sebelumnya tidak Anda kenal. Disana Anda bisa saling berbagi cerita dan pengalaman dengan banyak orang. Jika memang seminar atau komunitas tersebut tidak ada hubungannya dengan bisnis Anda, itu tidak menjadi masalah. Karena, jika Anda dapat melebur dengan banyak kalangan itu menjadi nilai lebih untuk Anda.

5. Bekerjasama dengan pihak lain

Dalam suatu bisnis, bekerjasama dengan orang lain adalah hal yang diharuskan. Bukan hanya kita akan mendapatkan ilmu baru dan berbeda, pengalaman yang banyak, namun juga keuntungan untuk bisnis kita kedepannya. Ketika kita mampu menjalin suatu hubungan kerjasama yang baik dengan banyak orang. Itu artinya akan ada banyak orang yang akan membantu kita dan bisnis kita. Jangan biarkan kesempatan untuk bekerjasama dengan pihak lain terlewatkan.

Sumber : www.mediabisnisonline.com

Advertising Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply