Tips Menghindari Penipuan di Media Online

 Bisnis Online

Saat ini semakin banyak pebisnis yang memanfaatkan media online sebagai penunjang keberhasilan dalam bisnisnya. Mereka melihat banyak masyarakat yang lebih tertarik untuk belanja online. Tapi sebagai konsumen, Anda jangan terburu-buru langsung membelinya. Anda harus lebih hati-hati karena semakin banyak penipuan di ranah online shop.

Agar tidak menjadi korban penipuan online shop berikut beberapa cara yang harus Anda waspadai dalam melakukan transaksi online di jejaring sosial.

  • Pilih toko resmi

Bila Anda ingin belanja, sebaiknya lakukan di toko resmi dan kunjungi alamat situsnya yang dipublikasikan melalui promosi. Saat membuka situs tersebut jangan lupa tandai atau simpan alamatnya untuk mencegah penyesatan yang dilakukan oleh peretas melalui mesin pencarian online.

  • Jangan pernah memberi pin rekening secara detail

Kebanyakan pebisnis media oneline meminta nomor rekening para pembelinya. Untuk menghindari penipuan, sebaiknya Anda tidak menunjukkan nomor PIN ataiu password Anda. Kebanyakan kasus kehilangan itu dilakukan dalam transaksi tanpa PIN ketika para pemilik kartu kredit dan retailer tidak bertemu langsung.

  • Pembayaran lewat Paypal.com

Saat hendak melakukan transaksi online sebaiknya gunakan sistem penyaran lewat Paypal.com untuk transaksi internet atau kartu kredit atau kartu debet berlimit rendah.

  • Hindari penawaran via email

Jangan mudah percaya dengan penawaran dari toko online melalui surat elektronik. Biasanya penawaran yang diberikan cukup menggiurkan tapi sebaiknya Anda abaikan saja.  Dan amankan password e-mail Anda untuk mencegah para pencuri mengambil informasi dan menciptakan identitas palsu dengan e-mail Anda.

  • Gunakan rekening bersama

Kehadiran rekening bersama ternyata memiliki fungsi yang bagus bisa membantu Anda untuk melakukan verifikasi pada barang dipesan/ tentunya hal ini bisa mengindari pengiriman uang pada pihak yang bertanggung jawab. Tapi perlu diingat ya, pilih aku rekening bersama yang sudah memiliki reputasi yang sangat baik. (***)

Sumber : http://www.smartbisnis.co.id/

Advertising Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply