Trik Cerdas Mengelola Laba Bisnis

 Info Bisnis

Setiap pelaku bisnis tentu akan senang bila usaha yang dijalankan bisa mendatangkan keuntungan cukup besar. Meraih keuntungan besar adalah kebanggan bagi setiap pengusaha baik kecil maupun besar. Namun sayangnya tak banyak dari enterpreneur bisa mengelola laba yang didapat, apalagi saat uang usaha tecampur dengan kebutuhan pribadi, justru ini akan membawa faktor yang menyebabkan usaha menjadi sulit berkembang.

Pastinya Anda nggak mau dong bila laba yang sudah didapat dialokasikan untuk hal-hal yang tidak penting. Nah, agar laba usaha yang Anda dapati bisa dikelola dengan maksimal berikut cara pintar mengelola laba usaha.

  • Catat setiap transaksi

Sebaiknya catat setiap transaksi pengeluaran maupun penerimaan setiap hari supaya bisa ketahuan berapa modal belanja usaha yang digunakan dan berapa keuntungan yang diterima. Dengan begitu terlihat pendapatan yang diterima setiap hari maupun mingguan hingga bulanan.

  • Investasi hasil keuntungan

Jangan lupa untuk menginvestasikan laba bersih yang diterima dari hasil penjualan barang. Misalnya kalau Anda mendapatkan 40% keuntungan, sisihkan 20% untuk investasi atau sebagai dana cadangan. Seperti, ditabung, dibeli emas, properti dan surat berharga lainnya. Investasi ini berguna untuk memenuhi usaha hingga jangka panjang atau bisa diambil dalam keadaan darurat.

  • Dialokasikan untuk kebutuhan pribadi

Tak ada salahnya bila keuntungan yang didapat dialokasikan untuk  keperluan pribadi dan keluarga Anda. Namun perlu dibatasi ya, jangan sampai kebutuhan pribadi lebih tinggi daripada kebutuhan untuk usaha. Misalnya 10% dari keuntungan yang didapat.

  • Disalurkan untuk dana sosial

Hasil usaha yang sudah didapat alangkah baiknya diberi sebagian untuk mereka yang kekurangan, panti asuhan atau dana sosial lain misalnya. Sebagi bentuk rasa tanggangjawab usaha Anda terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar yang membutuhkan.

  • Dana operasional usaha

Yang paling penting adalah laba usaha bisa digunakan sebagai modal berputar. Minimal 60% dari laba usaha yang didapat.

Sumber : http://www.smartbisnis.co.id/

Advertising Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply