UKM Masuk Online, Makin Laris

 Bisnis Online

Coba Anda browsing, perhatikan dalam iklan-iklan seperti google adsence. Pernahkah Anda melihat jualan baju batik atau semacamnya?. Itu adalah gaya baru jualan para pegiat UKM yang semakin booming.

Para pelaku UKM baik butik, aksesoris kecantikan, dan banyak lagi kini mulai menggerayangi online sebagai cara paling jitu untuk sekadar memasarkan produk andalannya. Dari cara online yang berbayar seperti iklan, membuat website sampai cara gratisan seperti building blog, update status dari berbagai media sosial seperti facebook, twitter, dan Blackberry Messenger (BBM), dan banyak lagi.

Perkembangan jumlah pengguna internet di Indonesia semakin membuat para pelaku UKM mulai melirik penjualan secara online. Bahkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, pengguna internet di Indonesia pada akhir 2012 mencapai 63 juta orang. Jumlah ini diperkirakan meningkat 120% menjadi 139 juta orang pada 2015.

Ditambah dengan adanya smartphone yang semakin menjamur, menjadikan jualan produk semakin mudah tanpa ada batasan waktu dan tempat. Mereka para pelaku UKM bisa melakukan layanan 24 jam untuk customer yang juga semakin termudahkan melakukan pembelian dengan adanya ponsel pintar ini.

Anda bisa memanfaatkan semua fasilitas jaringan internet sebagai cara paling efektif untuk pengembangan usaha kecil Anda. Mulailah dengan memanfaatkan sosial media tanpa berbayar, membuat blog secara sederhana, hingga Anda mendapatkan modal untuk membangun sebuah website komersil.

Sumber : http://www.smartbisnis.co.id/

Advertising Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply