Usaha Bakso Dengan Omset Ratusan Juta

 Bisnis Kuliner

Usaha bakso memang bukan hal yang istimewa dan baru, usaha ini banyak dilakukan orang dan mudah dijumpai di berbagai tempat. Namun jika anda mencari usaha bakso yang beromset puluhan juta, tentu ini tidak mudah ditemukan. Bakso raket, itulah nama produk usaha bakso ini. Usaha bakso raket merupakan salah satu usaha bakso yang sukses membangun bisnis kuliner hingga memliki omset ratusan juta.

Afiani Puspitasari wanita muda pemilik usaha bakso raket ini memulai usaha bakso dilandasi keinginan untuk memiliki sebuah usaha kuliner. Meski ia tidak memiliki latar belakang boga dan minim pengalaman dalam bisnis kuliner ia memulai usaha bakso ini.

Dipilihnya bakso sebagai usahanya karena justru sudah banyak orang yang melakoni usaha tersebut. Namun Afiani mencoba memodifikasi bakso yang sudah umum dipasarkan. Hasil eksperimennya menghasilkan bakso tidak berbentuk bulat seperti bakso pada umumnya, namun berbentuk gepeng tidak beraturan. Melihat bentuk tersebut sang ibu nyeletuk nama bakso raket. Dari situlah akhirnya ia menamakan bakso raket sebagai nama produknya.

Karena produk baksonya disukai oleh anggota keluarganya ia semakin yakin untuk membuka usaha bakso. Dengan modal usaha 500 ribu rupiah saja ia mulai menjalankan usaha bakso. Modal tersebut dipergunakan membeli bahan baku membuat bakso.

Afiani membuka warung bakso raket di gerai sparepart yang dikelola ayahnya di Jalan Raya Bogor km 21 No 32 Ranbutan Jakarta Timur.

Dalam menjalankan usahanya Afiani gencar melakukan promosi, diantaranya dengan membagikan voucher gratis makan bakso di warungnya. Voucher itu dibagikan di kantor dekat rumahnya. Respon pengunjung saat itu cukup bagus dan terkesan dengan bentuk bakso yang aneh. Pada bulan pertama omset usaha bakso mencapai 1.3 juta rupiah.

Namun perjalanan usaha bakso Afiani tidaklah berjalan mulus, pada tahun 2010 tidak hanya usaha bakso yang surut tetapi juga usaha sparepart ayahnya. Ia berusaha keras agar usaha baksonya tetap bisa eksis. Banyak yang mengatakan Sarjana UI kok menjadi tukang bakso, mengingat statusnya yang lulusan UI.

Perubahanpun dilakukan, bekas tempat usaha sparepart ayahnya dirombak dan direhab secara total. Dengan modal 4 juta hasil pinjaman dari saudara. Dengan perombakan ini ternyata memiliki hasil yang bagus, omsetnya meningkat menjadi 1.5 juta sehari.

Menurutnya kunci keberhasilan usaha bakso terletak pada kebersihan, pelayanan,dan brand yang lebih terlihat dan menarik perhatian. Selain itu ia memiliki varian produk bakso ya g beragam misalnya Bakso Raket Panggang madu, Bakso Raket Panggang keju,Mie Ayam Bakso Raket Panggang keju dan lain-lain.

Tahun 2011 usaha bakso raket Afiani pindah ke PGC (Pusat Grosir Cililitan), meski demikian usahanya tetap dicari pelanggan. Meski di awal-awal bulan omsetnya menurun namun pada bulan-bulan berikutnya meningkat kembali.Selain pindah lokasi Bakso Raket membuka cabang di Jalan Raya Tanjung Barat. Dengan penambahan cabang ini semakin menambah jumlah omset yang dimiliki. Kini setiap bulan Afiani bisa memperoleh omset lebih dari 100 juta.

Agar bisa bersaing dengan kompetitor, usaha bakso harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen, menjaga kualitas produk dalam hal kebersihan dan higienis. Selain itu produk unik juga turut memberikan andil bagi keberhasilan usaha bakso.(/PeluangWirausaha).

- See more at: http://galeriukm.com/bisnis-kuliner/usaha-bakso-dengan-omset-ratusan-juta#sthash.bFla3F4D.dpuf

Konsultan Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply