Usaha Susu Kedelai Modal Kecil Dan Mudah

 Bisnis Kuliner

Susu Kedelai menjadi alternatif susu sapi karena rasanya yang enak, harga murah dan memiliki kandungan gizi yang baik. Selain itu susu kedelai juga memiliki banyak manfaat kesehatan seperti bisa mencegah kanker, menurunkan kadar kolesterol, dan juga meningkatkan daya tahan tubuh. Usaha  susu kedelai memiliki prospek yang cukup cerah. Selain itu dapat dilakukan dengan modal kecil, proses pembuatannya mudah, pemasarannya juga tidak sulit tapi mampu menghasilkan keuntungan.

Usaha susu kedelai dapat dilakukan dengan modal yang kecil,dengan modal Rp250 ribu bisa mengolah kacang kedelai menjadi susu kedelai, keuntungan bersih tiap harinya bisa mencapai Rp100 ribu.

Pengalaman usaha susu kedelai ini dilakukan oleh Jamilah, warga Jalan Pasar Lama Gg Mistar, Desa Lalang, Kecamatan Medan, Bahan baku lima kilo kacang kedelai tersebut dapat menghasilkan 150 bungkus susu kedelai. Kemudian, tiap bungkus susu kedelainya dijual dengan harga mulai dari Rp2.000 hingga Rp3.500.

Susu kedelai yang diolah Jamilah, mendapatkan respon pasar yang baik. Daerah tetap yang menjadi pemasarannya adalah pasar tradisional Kampung Lalang. Untuk pasar tradisional Kampung Lalang saja, sampai menghabiskan 100 bungkus susu kedelai dengan harga bervariasi.

Proses produksi usaha susu kedelai tersebut, Jamilah mengandalkan tenaga anak-anak dan keluarga dekatnya saja. Bisnis susu kedelai lumayan menguntungkan juga, selain prosuksi utama berupa susu kedelai, ampas dari kacang kedelai juga bisa dijual untuk dijadikan makanan hewan ternak.

Awal memulai usaha bisnis susu kacang kedelai dilakuakan Jamilah saat bersama keluarganya sering mengkomsumsi susu kedelai buatannya sendiri. Mendapat respon yang baik dari keluarganya, ia pun kemudian membuka bisnis susu kedelai. Hasil dari usaha susu kedelai ini cukup lumayan.

Sumber:

http://www.hariansumutpos.com/arsip/?p=1335

- See more at: http://galeriukm.com/bisnis-kuliner/usaha-susu-kedelai-modal-kecil-dan-mudah#sthash.7P940PLh.dpuf

Advertising Surabaya

Author: 

Related Posts

Leave a Reply